BeritaArrow iconBerita Ekonomi TerkiniArrow iconArtikel

Selalu 'Kering' di Tengah Bulan? Ini Penyebab & Solusinya

Bareksa03 Maret 2017
Tags:
Selalu 'Kering' di Tengah Bulan? Ini Penyebab & Solusinya
ilustrasi dompet kosong, Copyright: <a href='http://www.123rf.com/profile_ariwasabi'>ariwasabi / 123RF Stock Photo</a>

Tidak sedikit orang yang mengalami kantong kering di pertengahan bulan karena tidak bisa mengatur pengeluaran

Artikel ini dipersembahkan oleh mitra produk investasi kami DuitPintar.com

Illustration

Duitpintar.com - Kantong kering di pertengahan bulan, bukan hal aneh yang kerap terjadi bagi kebanyakan orang. Tidak hanya merepotkan, akan tetapi menjadi penghambat kita untuk sukses jika hal ini terus-menerus terulang.

Promo Terbaru di Bareksa

Mari coba kita ingat, kemana perginya uang yang di dalam kantong kita apabila pada pertengahan bulan saja sudah lenyap? Apa karena gaji yang tidak cukup per bulannya? Apa ada kebutuhan mendesak? Atau jangan-jangan kita terlalu banyak pergi ke mall untuk belanja.

Agar kesalahan yang sama tidak terulang, ada baiknya kita membaca terlebih dahulu hal-hal berikut ini yang kerap kali kita lakukan sampai uang dalam kantong menjadi habis.

1. Kalap belanja saat tanggal muda

Kala pundi-pundi uang baru saja terisi dengan gaji bulanan, kita langsung melipir ke mall dan shopping. Mungkin belinya barang yang terdiskon, tapi kita hampir membeli semua barang yang ditawarkan sales promotion girl (SPG). Jika sudah seperti ini, ibaratnya seperti tanggal muda berjaya, tanggal tua berduka.

Alhasil baru pertengahan bulan, uang gajian tinggal setengah atau bahkan sudah benar-benar habis. Sebaiknya belanja seperti ini kita kurangi. Sebab, baju atau barang konsumtif yang dibeli bulan lalu masih bisa dipakai dan uang kita pun bisa disisihkan untuk menabung.

2. Terlalu banyak nongkrong (hangout) di kafe

Memang sih kehidupan sosial itu penting. Tapi bukan berarti harus selalu hangout bersama teman dengan intensitas sering.

Selama tidak dilakukan sering, tentu sah-sah saja berkumpul dengan teman di kafe. Akan tetapi, kalau setiap hari kita ngafe pastinya akan menguras isi kantong kita hingga tipis dalam sekejap saja.

Lebih baik, budget khusus untuk hangout ini dilakukan pada hari-hari tertentu, misalnya maksimal seminggu dua kali saja. Lalu, batasi juga pengeluarannya setiap kali hangout.

Tidak perlu mengikuti pesan makanan dan minuman macam-macam ketika hangout hanya karena melihat teman. Sebab, hal terpenting ketika berkumpul dengan teman adalah kebersamaan dan silaturahmi bersama teman bukan seberapa banyak makanan atau minuman yang kamu pesan.

3. Terlalu berlebihan (royal) memanjakan pacar atau pasangan

Ketika habis gajian, bukan berarti kamu bisa langsung mentraktir pacar di restoran mewah. Jangan sampai membiarkan jatah makan di restoran ini lebih mahal daripada polis asuransi kita.

Semua yang terkait konsumtif itu harus ada perhitungannya. Bukan berarti pelit atau tidak bermodal, tapi lebih kepada sesuai dengan batasan. Kemudian tidak ada salahnya juga untuk mencari tahu seputar promo restoran di hari-hari tertentu.

Setelah mengetahui 3 kesalahan yang membuat kantong kering di pertengahan bulan, kita akan membahas solusinya. Hal ini karena setiap ada masalah maka ada solusinya. Berikut solusinya:

1. Membuat catatan pengeluaran

Setelah gajian, seharusnya kita memiliki daftar pengeluaran yang menjadi prioritas kita selama satu bulan. Jadi, semua pengeluaran terencana dengan baik.

Ketika kita ingin berbelanja baju, celana, jam tangan, sepatu atau apapun, jangan sampai mengganggu pengeluaran pokok secara rutin. Bahkan, lebih bagus lagi jika kita mengatur anggaran belanja per bulan. Jadi, hobi belanja kita tidak akan melebihi batas anggaran.

2. Menggunakan kartu kredit dengan tepat

Kenapa kartu kredit? Bukannya malah bisa menambah boros keuangan bulan depan? Tentu tidak. Apabila kita paham fitur dan manfaatnya, justru menggunakan kartu kredit bisa menguntungkan.

Oleh karena itu, sesuaikan kartu kredit dengan gaya hidup. Sebab, ada jenis kartu kredit yang bisa memberikan diskon sebesar 50 persen tiap tanggal 15 di sejumlah restoran dan kafe, seperti Fish & Co, XO Suki, Pizza Express, Cold Stone, dan Excelso.

3. Belanja online saja

Berbelanja secara online dapat membuat kita sedikit berhemat, karena tidak perlu keluar bensin untuk pergi ke toko atau mall. Selain itu, kita tidak perlu tergoda juga ketika melihat berbagai barang yang dijajakan di setiap toko.

Kemudian, terkadang harga di situs e-commerce bisa jauh lebih murah dibandingkan di toko. Dengan begitu, kita jadi bisa komparasi harganya juga dengan beberapa situs.

Jadi sudah tahu kesalahan yang membuat kita kering di pertengahan bulan dan cara menanggulanginya? Yuk kita mulai terapkan cara mengatur uang tersebut untuk bulan ini.

Baca artikel lainnya, silakan klik tautan berikut ini: DuitPintar.com

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,58

Up0,49%
Up3,72%
Up0,04%
Up4,75%
Up18,40%
-

Capital Fixed Income Fund

1.792,73

Up0,56%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,95%
Up16,60%
Up40,13%

I-Hajj Syariah Fund

4.871,33

Up0,59%
Up3,20%
Up0,03%
Up6,16%
Up22,01%
Up40,68%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,73

Up0,53%
Up3,64%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.147

Up0,31%
Up2,63%
Up0,03%
Up4,97%
Up14,27%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua