FUND PICK: Pilih Rencana Cerdas, Cipta Dinamika, MNC Dana Likuid, CIMB Cash Fund

Bareksa • 15 Jan 2016

an image
Indeks Reksa Dana (Bareksa/Alfin Tofler)

Reksa dana tersebut memiliki kinerja terbaik saat pasar sedang fluktuasi dalam minggu ini

Bareksa.com - Sepanjang minggu ini, pergerakan pasar saham masih berfluktuasi sehingga membuat kinerja reksa dana saham dan campuran juga berfluktuasi. Pergerakan kedua jenis reksa dana tersebut, beberapa hari lalu sempat menguat, tapi kemarin sedikit terkoreksi imbas akibat sentimen dalam dan luar negeri.

Akibat dari ledakan bom yang terjadi di Sarinah kemarin, nilai tukar rupiah makin tertekan dan juga berimbas pada naiknya yield obligasi.

Dari beberapa sentimen yang terjadi dan membuat goyahnya pasar keuangan, ternyata masih ada reksa dana yang dapat mempertahankan kinerjanya sehingga return yang lebih tinggi dibanding lainnya. Menyortir reksa dana yang diperdagangkan pada marketplace Bareksa (agen penjual: PT Buana Capital, anggota BEI), inilah yang tergolong memiliki kinerja terbaik pada minggu ini.

1. Rencana Cerdas

Dikala fluktuasinya pasar saham pada minggu ini, reksa dana saham milik PT Ciptadana Asset Management ini masih dapat mencatatkan return lebih tinggi dibanding reksa dana lain. Sejak awal tahun, return reksa dana ini hanya merosot 0,91 persen. Padahal, IHSG turun 1,74 persen dan indeks reksa dana saham turun hingga 1,72 persen.

Risiko dari reksa dana ini juga masih tergolong cukup rendah dengan nilai standar deviasi 0,04 dibanding reksa dana saham lain yang rata-rata sebesar 0,05.

Dari segi barometer, Rencana Cerdas mendapat skor 3,5. Artinya reksa dana ini memiliki kinerja cukup baik. Semakin baik kinerja reksa dana tersebut, nilainya semakin mendekati atau mencapai angka 5. Pengukuran Barometer Bareksa didasarkan pada sejumlah parameter, yakni: return reksa dana dibandingkan dengan risikonya, pertumbuhan dana kelolaan, serta penilaian kinerja dibandingkan dengan benchmark.

Grafik: Pergerakan NAB Rencana Cerdas

Sumber: Bareksa.com

2. Cipta Dinamika

Reksa dana campuran yang juga dikelola oleh PT Ciptadana Asset Management ini memiliki barometer 3 yang menandakan kinerja baik. Return yang dihasilkan sejak awal tahun juga positif, sekitar 0,12 persen, dibanding indeks reksa dana campuran yang masih hasilkan return minus 0,4 persen.

Dari segi risiko, Cipta Dinamika tergolong memiliki risiko rendah, dengan nilai standar deviasi sebesar 0,015.

Grafik: Pergerakan NAB Cipta Dinamika

Sumber: Bareksa.com

3. MNC Dana Likuid

Untuk reksa dana pendapatan tetap, analis Bareksa merekomendasikan reksa dana yang dikelola PT MNC Asset Management ini. Reksa dana memiliki kinerja baik yang ditunjukkan dengan skor 3,5 pada barometer Bareksa.

MNC Dana Likuid menghasilkan return 0,72 persen sejak awal tahun. Selain itu, reksa dana ini juga memiliki risiko yang sangat rendah, dengan standar deviasi 0,004 persen.

Grafik: Pergerakan NAB MNC Dana Likuid

Sumber: Bareksa.com

4. CIMB-Principal Cash Fund

Reksa dana yang dikelola PT CIMB-Principal Asset Management ini direkomendasikan oleh tim riset Bareksa untuk jenis reksa dana pasar uang. Return reksa dana ini sejak awal tahun cukup tinggi, sekitar 0,43 persen. Selain itu juga lebih tinggi dibanding benchmark-nya, indeks reksa dana pasar uang yang hanya membukukan return 0,18 persen.

Karena di reksa dana pasar uang, mayoritas alokasi portofolionya pada deposito atau pun instrumen pasar uang lainnya yang memiliki jatuh tempo kurang dari satu tahun, maka tentu saja tingkat risiko dari reksa dana jenis ini sangat kecil. Risiko reksa dana CIMB-Principal Cash Fund berdasarkan skor standar deviasi hanya 0,0012. Adapun berdasarkan Barometer Bareksa, Bahana Dana Likuid mendapat skor 4 yang berarti kinerja reksa dana pasar uang ini sangat baik dalam satu tahun terakhir.

Grafik: Pergerakan NAB CIMB-Principal Cash Fund

Sumber: Bareksa.com

Itulah beberapa reksa dana yang direkomendasikan tim riset Bareksa karena dinilai memiliki kinerja terbaik (return) dalam satu tahun. Namun, perlu dicatat bahwa investor tetap harus membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet reksa dana terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada reksa dana tersebut. Ulasan ini bukanlah jaminan kinerja dari keputusan investasi Anda. 

***

Butuh bantuan?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.