Franklin Templeton Investasi Pada HEXA; Raksasa Retail Asia Tambah Saham HERO

Bareksa • 04 Jun 2015

an image
Seorang nenek saat belanja disalah satu supermarket (REUTERS)

Franklin Templeton beli saham HEXA di harga Rp3.000

Bareksa.com - Franklin Templeton Investments, perusahaan investasi asal Amerika Serikat menambah kepemilikan saham pada PT Hexindo Adiperkasa Tbk (HEXA), distributor berbagai jenis peralatan konstruksi dan pertambangan.

Franklin Templeton menambah investasi pada HEXA melalui anak-anak usahanya, yakni FTIF-Templeton Emerging Markets MSC Fund, FTIF-Templeton Asian Smaller Companies Fund, FTIF-Franklin MAI-Asian Equity Fund, FTIF-Templeton Asian Div Fund, dan FTIF-Templeton ASEAN Fund yang bermarkas di Luxemburg.

Transaksi pembelian sebanyak 164.000 saham dilakukan pada 28 Mei 2015, dengan harga pembelian Rp3.000 per saham. Transaksi senilai Rp492 juta menambah kepemilikan Franklin Templeton pada HEXA menjadi 6,49 persen dari sebelumnya 5,58 persen.

Sementara itu, Dairy Farm, raksasa retail Asia yang didirikan berdasarkan hukum Hong Kong, menambah kepemilikan pada PT Hero Supermarket Tbk. Dairy Farm telah membeli 22 juta saham HERO dengan harga pembelian Rp2.000 per saham pada 26 Mei 2015.

Total transaksi sebesar Rp45 miliar tersebut menambah kepemilikan Dairy Farm pada HERO menjadi 19,33 persen. Sementara, Mulgrave Corporation B.V. --perusahaan terafiliasi Dairy Farm-- sebelumnya sudah menguasai HERO sebesar 63,58 persen. Kepemilikan Dairy Farm bersama dengan Mulgrave pada HERO saat ini mencapai 82,91 persen dari seluruh modal disetor.