Semen Baturaja Tunjuk Kontraktor China Bangun Pabrik Rp3,3 Triliun

Bareksa • 04 Feb 2015

an image
Pekerja memindahkan semen dari kapal ke dalam truk di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Selasa (15/7) - ( ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

Pabrik tersebut berlokasi di Sumatera Selatan dan diprediksi selesai pada triwulan pertama 2017.

Bareksa.com - Produsen semen pelat merah PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) menyatakan telah menunjuk kontraktor dari China untuk mengerjakan proyek pembangunan pabrik baru senilai Rp3,324 triliun. Pembangunan pabrik Baturaja II ini akan dilakukan di Sumatera Selatan. 

Perseroan menetapkan Tianjin Industry & Research Institute Co. Ltd (Sinoma Group) sebagai pemenang lelang pembangunan pabrik yang memiliki kapasitas 1,85 juta ton semen per tahun ini. Hal ini dinyatakan Sekretaris perusahaan SMBR, Zulkifli Subli dalam keterbukaan Bursa Efek Indonesia, Rabu 4 Januari 2014. 

Ia melanjutkan, proyek ini akan dilaksanakan secara beberapa tahun (multiyears) mulai tahun 2015 hingga triwulan pertama tahun 2017. Total biaya pembangunan proyek ini mencapai Rp3,324 triliun. 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pembiayaan proyek ini bersumber dari hasil penawaran saham perdana (IPO) dan kas internal sebesar Rp2,474 triliun. 

Selain itu perseroan akan merencanakan untuk melakukan pinjaman perbankan atau penerbitan obligasi dalam rangka pendanaan proyek sebesar maksimal Rp750 miliar. (hm)