Stock Movers: Walau Mahal Saham WSKT Masih Menguat Karena Rencana Right Issue

Bareksa • 24 Dec 2014

an image
T3 Ultimate Soekarno Hatta

PBV ANTM 0,81 kali, WSKT 5,56 kali, ADHI 3,69 kali

Bareksa.com - Rencana right issue yang akan dilakukan oleh tiga BUMN yaitu ADHI, WSKT, dan ANTM membawa harga saham mereka terus melambung. Sampai siang ini jam 10.21 wib, ketiga saham itu berada di jajaran 10 besar top value bursa dengan total transaksi Rp229 miliar.

Tabel Top Value Bursa

sumber:bareksa.com

Pemerintah yang sudah menyiapkan dana sebesar 12 triliun untuk menjaga persentase kepemilikan di tiga saham ini diikuti dengan antusisasme pasar yang membuat harga saham naik masing-masing 4 persen, 8 persen dan 6 persen.

Muhammad Choliq, Direktur Utama Waskita Karya kepada Bareksa.com mengatakan perusahaannya akan mendapat jatah alokasi right issue dari pemerintah sebesar tiga triliun. Sementara ANTM dan ADHI masing-masing mendapatkan tujuh triliun dan tiga triliun. (baca juga: Tahun 2015, Waskita Targetkan Right Issue Rp5 T dan Kontrak Baru Rp25 T)

Sebagai informasi, diantara ketiga emiten BUMN yang akan melakukan right issue, hanya ANTM yang memiliki harga saham di bawah nilai buku. Rasio price to book value ANTM sebesar 0,81 kali, berarti harga saham ANTM saat ini hanya 0,81 kali dari nilai bukunya. Sementara harga WSKT saat ini berada 5,56 kali di atas nilai bukunya dan ADHI 3,69 kali di atas nilai buku. Price to book value WSKT saat ini juga  sudah lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata emiten konstruksi BUMN sebesar 5,53 kali, sementara ADHI masih berada di bawahnya.

Selain itu, ANTM juga menunjukan return negatif sepanjang tahun. Sementra harga saham ADHI dan WIKA sudah meningkat lebih dari 100 persen sampai 23 Desember ini. (al)

Grafik Return Saham

sumber:bareksa.com