Bayar Hutang, Emiten Telko Lanjutkan Monetisasi: Investor Daily

Bareksa • 07 Nov 2014

an image
Dirut PT Telkom Arief Yahya (ketiga kiri) melakukan sulang minuman bersama usai penandatanganan naskah kerjasama pembangunan jaringan serat otik Indonesia-AS, di Jakarta. (ANTARA FOTO/Audy Alwi)

Monetisasi diharapkan mampu mengurangi utang dan membiayai eksapansi di masa mendatang.

Bareksa.com - Tiga operator telekomunikasi terbesar Indonesia PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT XL Axiata Tbk (EXCL) dan PT Indosat Tbk (ISAT) akan melanjutkan monetisasi menara telekomunikasi pada 2015-2016, yang  diharapkan mampu mengurangi utang dan membiayai eksapansi bisnis utama mereka di masa mendatang.

Direktur Utama Telkom Indra Utoyo mengemukakan “Telkom yang memiliki sekitar 14.000 menara, sekarang masih terus mematangkan rencana tersebut, dan menunggu kesepakatan dengan pihak Singapore Telecommunications Ltd (SingTel) sebagai pemilik 35 persen saham SingTel”.

Di lain pihak, Direktur Keuangan Indosat Curt Stefan Carlsson mengatakan “Indosat saat ini memiliki 8.000 unit menara, dan perkiraan jumlah yang akan di monetisasi sekitar 2.500”.

“Saat ini XL Axiata memiliki 4.500 menara, tapi tidak mungkin di jual semua” ungkap Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL Axiata. (qs)

 

Investor Daily, Hal 13.