Diversifikasi, Resources Alam (KKGI) Akuisisi Perusahaan Pembangkit Tenaga Air

Bareksa • 20 Oct 2014

an image
Truk excavator melakukan proses pengerukan di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah, Senin (13/10). (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Persentase akuisisi dan nilai transaksi masih dalam perhitungan.

Bareksa.com – PT Resources Alam Indonesia Tbk (KKGI) mengakuisisi perusahaan yang bergerak dibidang pembangkit listrik tenaga air, karena Pemerintah akan mengurangi pemakaian sumber daya alam yang tidak terbarukan seperti minyak, gas bumi, dan batubara. Pengembangan potensi sumber daya air sebagai energi alternatif digalakkan Pemerintah.

Tertuang di dalam Permen ESDM No.12 tahun 2014 yang berisi kenaikan harga beli listrik tenaga air dari yang semula Rp656/Kwh menjadi sebesar maksimum Rp1.075/Kwh (tergantung wilayah kerja).

Hari ini Resources Alam telah melakukan penandatanganan untuk akuisisi saham PT Khatulistiwa Hidro Energi yang merupakan pemegang 95 persen saham PT Bias Petrasia Persada, perusahaan yang bergerak dibidang pembangkit listrik tenaga air.

Persentase akuisisi dan nilai transaksi akan dilaporkan setelah selesai proses penghitungan nilai wajar serta penilaian kewajaran dari pihak penilai independen.

Pihak yang akan melakukan transaksi adalah Resources Alam sebagai pembeli, lalu PT Bumi Raya Utama dan Bapak Hendro sebagai penjual. Transaksi ini termasuk transaksi afiliasi dari anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris. (np)