PT Adhi Karya bangun 5 hotel guna target pendapatan 2014

Bareksa • 17 Jan 2014

an image
Proyek pembangunan Jalan Layang Tol Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara (ANTARAFOTO/Widodo S. Jusuf)

Adhi Karya akan mengalokasikan dana sekitar Rp750 miliar untuk lima proyek hotel tersebut

IQPlus - PT Adhi Karya (ADHI) tengah membangun lima hotel yang tersebar di sejumlah kawasan. Yakni, Blok M-Jakarta Selatan, Bekasi, Semarang, Surabaya, dan Medan. Pembangunan lima hotel tersebut dilakukan sebagai upaya Adhi Karya untuk mencapai target pendapatan pada 2014.

Setidaknya, Adhi Karya akan mengalokasikan dana sekitar Rp750 miliar untuk lima proyek hotel tersebut, atau Rp150 miliar tiap hotelnya. Mengenai dana, Kiswo mengaku akan diperoleh dari kas internal dan perbankan dengan prosentasi kas internal 30 persen dan perbankan 70 persen.

"Ada beberapa perbankan salah satunya Mandiri," jelas Direktur Utama Adhi Karya (ADHI) Kiswodarmawan di Jakarta, Jumat 

Menurut Kiswo, untuk pembangunan hotel di Blok M, Adhi Karya menamakan Grand Dhika, pembangunan hotel ini pun telah disediakan lahan seluas 4.000 meter persegi.

Dengan jumlah kamar 253 unit. Hingga saat ini, pembangunan sedang berjalan dan sudah tahapan konstruksi. "Kira-kira soft launching Desember 2014 dan langsung operasi," tambahnya.

Tidak hanya di Blok M, sambung Kiswo, Adhi Karya juga memberikan nama serupa di empat sisa hotel yang sedang dan akan dibangun oleh Adi Karya dengan nama Grand Dhika.

Untuk Grand Dika Medan akan dikatagorikan hotel bintang tiga dengan menyediakan 170 unit kamar. "Tapi 2015 kita baru bangun, sekarang Medan lagi preparation lokasi, pakai lahan eks kantor Adhi Karya," ujarnya.

Kiswo memaparkan, Grand Dhika Semarang akan dibangun diluas lahan sekitar 2.500 meter persegi dan hanya menyiapkan 120 kamar. Sedangkan untuk Grand Dhika Bekasi, Kiswo mengungkapkan, tengah dalam tahap penyelesaian. Untuk Bekasi sendiri, Grand Dika dikategorikan bintang tiga dengan 150 kamar.

Sementara untuk Grand Dhika Surabaya, Adhi Karya akan membangun hotel di atas lahan seluas 4.000 meter persegi, meskipun Adhi Karya memiliki luas 1,6 hektar lahan di Surabaya. Akan tetapi, Kiswo mengatakan akan mulai pembangunan Grand Dhika Surabaya setelah program empat hotel sebelumnya telah diselesaikan.

"Hotel ini bintang empat, 250 kamar, tapi dibangun setelah program hotel tadi selesai," tutupnya.