Minat Umroh Tetap Tinggi Meski Ada Ancaman Resesi, Ini Cara Siapkan Modal ke Tanah Suci

Abdul Malik • 04 Jan 2023

an image
Jemaah umat Muslim sedang melaksanakan ibadah tawaf di sekitar Kabah, Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi dalam rangkaian haji, umroh di tengah pandemi Agustus 2020. (Leo Morgan / Shutterstock.com)

Sekarang ada cara yang efisien untuk menabung umroh dengan menggunakan fitur Bareksa Umroh di super app investasi Bareksa

Bareksa.com - Ancaman resesi global 2023 ternyata tak menyurutkan minat masyarakat untuk menunaikan umroh ke Tanah Suci. Sebab setelah sempat ditutup sekitar 2 tahun sejak awal 2020 dan baru dibuka kembali pada awal 2022 akibat Pandemi Covid-19, kerinduan Umat Islam untuk beribadah umroh sangat tinggi. Sehingga wajar, meskipun ada acamaan resesi di 2023 ini, minat masyarakat untuk umroh tetap meningkat. 

Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (DPP AMPHURI) menyatakan minat perjalanan ibadah umroh ke Tanah Suci tidak berkurang.

"Harus diakui memang, meski dibayang-bayangi resesi ekonomi dunia namun ternyata aktifitas perjalanan ibadah umroh terus meningkat," demikian isi surat edaran Nomor: 1777/DPP-AMPHURI/XII/2022 yang ditandatangani Ketua Umum DPP Amphuri Firman M Nur dan Farid Aljawi sebagai Sekretaris Jenderal Amphuri, dilansir Republika (3/1/2022).

Menurut Firman, kerinduan umat Islam terhadap Tanah Suci begitu tinggi, terlebih pasca-pandemi yang melanda hampir 2 tahun. Amphuri optimistis keberlangsungan usaha perjalanan umroh akan tetap berjalan di tengah kompleksitas masalah yang dihadapi.

Siapkan Tabungan Umroh di Reksadana Syariah Sekarang, Klik di Sini

Akibat tingginya minat masyarakat beribadah umroh, muncul beberapa masalah yakni langkanya vaksin meningitis, disusul melambungnya tarif tiket pesawat dan biaya hotel ikut meroket. Tingkat hunian hotel di Makkah dan Madinah sampai saat ini masih tinggi. "Semua hotel menyatakan full booked," katanya. 

Keadaan ini sebelumnya tidak pernah terjadi dalam sejarah. "Ini untuk kali pertama dalam sejarah hotel di Makkah dan Madinah di semua taraf dinyatakan full booked dan sulit didapat," katanya. 

Kondisi ini telah berlangsung sejak November 2022 dan diperkirakan durasi high season akan terus berlanjut hingga Januari 2023. Hampir semua biro travel tidak dapat kamar hotel untuk bulan Desember, padahal pemesanan dilakukan mulai bulan September, Oktober dan November tahun lalu. 

"Kondisi ini membuat biaya sewa hotel melambung hingga 300%," katanya.

Kenaikan tarif hotel di Makkah dan Madinah disebabkan beberapa faktor :

Pertama, meningkatnya jumlah kedatangan jemaah umroh dari berbagai negara, pasca ditutupnya umroh selama pandemi yang berlangsung hampir 2 tahun. 

Kedua, peningkatan jumlah jemaah umroh juga akibat libur panjang di seluruh negara dan tingginya antusiasme umat Islam sedunia untuk menunaikan umroh pasca pandemi. 

Ketiga, saat ini hotel-hotel di Arab Saudi membuat kebijakan terkait reservasi grup tidak sebanyak sebelumnya, hanya disediakan sekitar 50%-60% untuk kuota grup. 

Investasi Siapkan Tabungan Umroh yang Halal dan Cuan, Klik di Sini

Cara Aman dan Cuan Siapkan Tabungan Umroh

Melihat tingginya minat masyarakat untuk beribadah umroh sehingga mengakibatkan meroketnya biaya tiket pesawat dan tarif hotel, maka Smart Investor perlu menyiapkan tabungan umroh jauh-jauh hari.

JIka kamu berniat menjalankan ibadah umroh tapi belum memiliki modal untuk berangkat, Bareksa menawarkan solusi menabung reksadana syariah untuk mengumpulkan biaya perjalanan umroh melalui fitur Bareksa Umroh

Untuk bisa beribadah ke Tanah Suci, memang perlu menyiapkan modalnya. Sebagai gambaran, harga paket umroh 9 Hari dari Khalifah Tour senilai Rp28,9 juta per jemaah tahun ini. Karena itu, calon jemaah perlu mempersiapkan biaya umroh jauh-jauh hari sebelum berangkat. 

Cara agar Tabungan Umroh bisa optimalkamu bisa menabung di reksadana syariah menggunakan fitur Bareksa Umroh yang tersedia di super app investasi Bareksa. Tabungan umroh di Bareksa Umroh menggunakan reksadana syariah yang halal dan sifatnya fleksibel dengan rencana Tabungan. 

Agar bisa mengumpulkan biaya umroh sebesar itu, mungkin kamu membutuhkan waktu. Kamu bisa menabung bertahap mulai dari 6 bulan hingga 3 tahun. Jangka waktu ini tidak mengikat dan sangat fleksibel bisa diatur atau dicairkan sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Dengan fitur Bareksa Umroh di super app investasi Bareksa, kamu bisa dengan mudah memantau dan menambah jumlah Tabungan Umroh dari mana saja dan kapan saja. Bareksa bekerja sama dengan mitra penyelenggara perjalanan umroh resmi yakni Khalifah Tour, Al Qadri dan Travel Umroh. 

Ketiga mitra penyelenggara itu telah memiliki izin penyelenggaraan umroh. Khalifah Tour memiliki izin umroh nomor U.509 tahun 2021, Al Qadri memiliki izin umroh nomor 816 tahun 2017, dan Travel Umroh memiliki izin umroh nomor 1020 tahun 2019.

Sementara itu, menabung untuk biaya umroh di Bareksa aman karena dana jemaah tidak disimpan oleh rekening perorangan, rekening travel agent, atau bahkan rekening perusahaan Bareksa. Namun Tabungan Umroh kamu ada di reksadana syariah yang tersimpan aman di bank kustodian dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga, dana kamu tidak bisa dibawa kabur pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Ada 5 produk reksadana pasar uang syariah di Bareksa Umroh yang bisa kamu pilih. Yakni Syailendra Sharia Money Market Fund, Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra, Sucorinvest Sharia Money Market Fund, Trimegah Kas Syariah, dan Bahana Likuid Syariah Kelas G. Setahun terakhir (per 3/1/2023), 5 reksadana pasar uang syariah berhasil mencatatkan cuan hingga 3,92%.

Imbal hasil reksadana pasar uang syariah di Bareksa Umroh tidak terkena pajak, karena bukan merupakan objek pajak. Selain itu besaran imbal hasil tersebut juga jauh lebih menarik dari deposito syariah atau tabungan perbankan biasa.

Sumber: Bareksa

Mulai Siapkan Tabungan Umroh Sekarang, Klik di Sini

Keunggulan Bareksa Umroh

Kenapa mesti nabung umroh di Bareksa? Berikut enam alasan sekaligus keunggulan Bareksa Umroh.

Pertama, Pasti Aman

Uang tabungan nasabah akan disimpan dalam reksadana syariah, sebagai instrumen investasinya. Tidak dipegang langsung oleh pihak travel atau agen penjual, melainkan ada dalam reksadana yang disimpan di bank kustodian dan diawasi oleh OJK.

Kedua, Terpercaya

Bareksa bermitra dengan agen biro perjalanan (agen travel) yang sudah memiliki reputasi. Tiap mitra agen travel telah memiliki sertifikat untuk keberangkatan umroh yang diatur oleh Kementerian Agama.

Ketiga, Layanan Lengkap

Layanan Bareksa Umroh terpadu dari awal hingga akhir, mulai dari perencanaan tabungan di reksadana syariah, pembelian paket umroh, keberangkatan umroh, hingga perjalanan pulang ke tanah air.

Keempat, Sesuai Syariah

Tidak perlu ragu tentang kehalalan produk ini, karena reksadana syariah dikelola berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor 20/DSN-MUI/IV/2001.

Kelima, Serba Online

Pendaftaran dilakukan 100% online, dengan hanya menggunakan e-KTP. Proses tanda tangan juga dilakukan secara online menggunakan tanda tangan digital.

Keenam, Fleksibel & Potensi Imbal Hasil

Top up tabungan tidak mengikat, kamu bebas top up kapanpun dan berapapun. Dengan reksadana syariah, tabunganmu berpotensi tumbuh dan meraih imbal hasil lebih besar dari tabungan bank atau deposito.

Seluruh proses pengelolaan investasi di reksadana syariah juga diawasi oleh OJK. Sehingga kamu bisa tenang melakukan seluruh persiapan umroh ke Tanah Suci

Perlu juga diketahui bahwa Tabungan Umroh menggunakan harga paket umroh dari mitra travel agent sebagai ilustrasi untuk mencapai target nilai tabungan, tetapi tidak mengikat pada pembelian paket umroh. Maka, ketika target biaya umroh sudah terkumpul, investor akan dikonfirmasi untuk mencairkan reksadana dan membeli paket umroh. ​

Siapkan Modal Umroh yang Aman dan Cuan Sekarang, Klik di Sini

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini  

- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER

Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Tabungan Umroh tidak mengikat pada pembelian paket. Harga paket umroh akan disesuaikan dengan harga pada keberangkatan.