Berita / / Artikel

Bakal Rilis Sukuk Tabungan ST-004, Kemenkeu Tambah Mitra Distribusi

• 10 Apr 2019

an image
Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama mitra distribusi resmi meluncurkan Sukuk Tabungan ST002 di Jakarta, 1 November 2018 (Bareksa/Issa A)

SBSN ritel dengan layanan online itu akan terbit pada kuartal II tahun ini

Bareksa.com – Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) menambah mitra distribusi dengan layanan online dalam rangka penjualan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ritel di pasar domestik.

Mitra distribusi terbaru SBSN ritel ini berasal dari bank, perusahaan sekuritas dan perusahaan financial technology berbasis peer to peer (P2P) lending.

Melalui keterangan  DJPPR Selasa, 9 April 2019, mitra distribusi yang dimaksud antara lain PT Maybank Indonesia Tbk (BNII), PT Danareksa Sekuritas, dan PT Nusantara Sejahtera Investama.

“Dengan demikian, terdapat 16 Mitra Distribusi yang akan membantu pemerintah untuk melayani pemesanan pembelian SBSN ritel secara langsung melalui sistem elektronik (layanan online),” tulis DJPPR.

Untuk mengetahui lebih lengkap mitra distribusi ini, berikut daftarnya:

Bank Umum

1. PT Bank Central Asia Tbk
2. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
3. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
4. PT Bank Permata Tbk
5. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
6. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk
7. PT Bank Maybank Indonesia Tbk

Bank Umum Syariah

8. PT Bank BRISyariah Tbk
9. PT Bank Syariah Mandiri

Perusahaan Efek

10. PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk
11. PT Danareksa Sekuritas

Perusahaan Efek Khusus (APERD Financial Technology)

12. PT Bareksa Portal Investasi
13. PT Star Mercato Capitale (Tanamduit)

Perusahaan Financial Technology (Peer-to-Peer Lending)

14. PT Investree Radhika Jaya
15. PT Mitrausaha Indonesia Group (Modalku)
16. PT Nusantara Sejahtera Investama

DJPPR menambahkan, dalam waktu dekat (kuartal II 2019) Pemerintah akan kembali melakukan penjualan Sukuk Tabungan seri ST-004 secara online melalui bantuan 16 Mitra Distribusi sebagaimana daftar tersebut.

Untuk diketahui Bareksa juga sebelumnya menjadi mitra distribusi penjualan surat utang negara syariah ritel, Sukuk Tabungan seri 002 dan 003. Saat ini Bareksa sedang menjadi mitra distribusi penjualan surat utang negara konvensional Savings Bond Ritel seri 006.

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pembelian produk investasi yang dijamin pemerintah ini hanya bisa dilakukan pada periode penawaran SBR006, yakni 1-16 April 2019.

Meski masa penawaran belum dibuka, kita sudah bisa mendaftar terlebih dahulu untuk memesan SBR006 di Bareksa. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBR006? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan SBR006.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli SBR006? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

(AM)

Tags: