Berita / / Artikel

Apakah Imbal Hasil Sukuk Tabungan ST002 Kena Pajak? Ini Penjelasannya

• 10 Nov 2018

an image
Ilustrasi investor pria berkacamata berjenggot memakai topi sedang menunjuk kepala bingung berpikir bertanya tentang keuntungan investasi reksadana, saham, obligasi, surat utang

Pajak yang dikenakan kepada Sukuk Tabungan ST002 lebih rendah dibandingkan dengan pajak deposito

Bareksa.com – Negara membutuhkan pajak sebagai salah satu sumber pendapatan untuk memenuhi kebutuhan belanja negara. Instrumen keuangan, termasuk investasi juga tidak terlepas dari objek pajak yang ditetapkan pemerintah.

Produk Sukuk Tabungan seri ST002 merupakan instrumen surat utang syariah yang diterbitkan pemerintah untuk menutupi defisit anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Selain termasuk instrumen surat utang, ST002 merupakan sarana investasi bagi masyarakat karena memberikan keuntungan.

Sebagai salah satu jenis surat utang dan sarana investasi, ST002 termasuk ke dalam objek pajak yang ditetapkan pemerintah. Lalu bagaimana pengenaan pajak pada produk ST002?

Pemerintah menetapkan pengenaan pajak 15 persen dari imbal hasil yang diterima oleh investor. Imbal hasil itu yang diberikan pemerintah kepada setiap pemilik ST002.

Untuk simulasi, apabila seorang investor membeli ST002 senilai Rp100 juta sedangkan kupon Sukuk Tabungan ST002 sebesar 8,3 persen, maka investor akan mendapatkan imbal hasil per tahunnya Rp8.300.000.

Dengan perolehan kupon per tahun Rp8.300.000, maka investor akan mendapatkan imbal hasil setiap bulannya Rp691.667. Imbal hasil setiap bulan itu yang akan terkena pajak 15 persen.

Setelah dikenakan pajak 15 persen, maka dana imbal hasil bersih yang diterima investor setiap bulannya Rp587.917.

Pajak yang dikenakan kepada produk ST002 lebih rendah dibandingkan dengan pajak pada produk deposito. Pada produk deposito, pajak yang berlaku adalah 20 persen dari bunga yang didapatkan deposan.

Lebih rendahnya pajak yang dikenakan pemerintah pada produk ST002 dibandingkan deposito,  membuat produk tersebut menarik bagi investor untuk menyimpan dan mengembangkan dananya.

Selain itu, sejumlah fasilitas dan jaminan keamanan ST002, karena dijamin pemerintah, dapat membuat investor lebih nyaman berinvestasi karena dananya aman.

Dengan membeli ST002, investor juga secara tidak langsung mengambil bagian membantu negara menutupi defisit APBN. Seperti diketahui, APBN yang ditetapkan pemerintah sebagian besar untuk program-program prioritas, seperti pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

Karena itu, dengan membeli Sukuk Tabungan ST002 maka masyarakat dapat ikut berpartisipasi membangun negara dan menyejahterakan masyarakat. Karena dana hasil pembelian Sukuk Tabungan oleh masyarakat akan dikelola untuk kemajuan negara dan kesejahteraan masyarakatnya.

Kapan kita bisa mulai membeli ST002?

Mulai 1 November 2018, investor sudah bisa melakukan pemesanan Sukuk Tabungan Seri 002 (ST002) secara online. Sukuk Tabungan ST002 merupakan salah satu instrumen investasi syariah bagi masyarakat ritel Indonesia.

Instrumen investasi ini sekaligus dapat bermanfaat membantu negara karena dananya akan digunakan untuk pembangunan negara. Bagi investor, Sukuk Tabungan ST002 ini sangat terjangkau karena dapat dibeli dengan modal mulai Rp1 juta.

Berikut adalah jadwal lengkap penerbitan Sukuk Tabungan ST002 yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan.

Sumber : Bareksa.com

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan, telah mengumumkan nilai imbal hasil Sukuk Tabungan ST002 sebesar 8,3 persen per tahun.

Nilai imbal hasil tersebut merupakan yang tertinggi dibandingkan kupon atau imbal hasil obligasi pemerintah atau sukuk sebelumnya.

Pembelian produk investasi yang dijamin pemerintah ini hanya bisa dilakukan pada periode penawaran 1-22 November 2018. Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesannya.

Jangan lupa untuk menyiapkan KTP dan NPWP untuk kebutuhan pendaftarannya.

* * *

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi yang ditunjuk Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel, termasuk sukuk tabungan, secara online.

Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Tags: