Berita / SBN / Artikel

Tawarkan Imbal Hasil 8,3 Persen, Sukuk Tabungan ST002 Untungkan Investor Ritel

Bareksa • 01 Nov 2018

an image
Ilustrasi investor wanita berhijab syariah berkacamata tersenyum senang bahagia happy karena mendapat keuntungan investasi reksadana, saham, obligasi, surat utang

Imbal hasil ST002 jauh lebih tinggi dari inflasi, suku bunga deposito perbankan, bahkan yield obligasi pemerintah

Bareksa.com - Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan akhirnya, pada Selasa sore (30/10) mengumumkan nilai imbal hasil Sukuk Tabungan ST002 sebesar 8,3 persen per tahun.

Imbalan tersebut mengacu pada posisi suku bunga acuan Bank Indonesia alias BI 7-Days Repo Rate (BI7DRR) yang kembali dikerek naik pada 27 September lalu sebanyak 25 basis poin menjadi 5,75 persen. Terhitung sudah lima kali suku bunga acuan BI naik sepanjang 2018 atau sebesar 150 basis poin (1,5 persen) dari sebelumnya 4,25 persen.

Pemerintah menetapkan spread 255 basis poin atau 2,55 persen sehingga nilai imbal hasil Sukuk Tabungan ST002 menjadi sebesar 8,3 persen. Nilai spread tersebut masih sama dengan penerbitan SBR003 dan SBR004 sebelumnya. Besaran imbalan ST002 ini sangat menarik bagi investor ritel.

Menurut analisis Bareksa, imbalan yang diberikan pemerintah 8,3 persen jauh lebih tinggi dari inflasi, juga dari suku bunga deposito perbankan, bahkan yield obligasi pemerintah lainnya sekalipun.

Yield Obligasi Pemerintah

Sumber : IBPA

Mengutip data IBPA per 31 Oktober 2018, yield obligasi pemerintah untuk tenor 2 tahun hanya 7,63 persen.

ST002 tentu sangat bisa menjadi pilihan investasi yang menarik di tengah sedikitnya opsi instrumen investasi ritel yang tersedia. Sebelumnya, dengan kupon yang lebih rendah, SBR003 berhasil mengumpulkan dana Rp1,92 triliun, dan SBR004 Rp7,32 triliun. 

Hasil analisis Bareksa, Sukuk Tabungan ST002 juga makin menarik di tengah tren suku bunga yang diproyeksikan cenderung naik hingga 2020.

Dengan sifat imbal hasil yang floating, alias mengikuti pergerakan BI7DRR namun tetap terjaga batas bawah (floor), investor tentu akan sangat diuntungkan.

Pembelian produk investasi yang dijamin pemerintah ini hanya bisa dilakukan pada periode penawaran 1-22 November 2018. Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesannya.

Jangan lupa untuk menyiapkan KTP dan NPWP untuk kebutuhan pendaftarannya. (Baca Juga : Beli SUN di Bareksa Bisa Untung dan Mudah, Begini Cara Daftarnya)

(AM)

* * *

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi yang ditunjuk Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel, termasuk sukuk tabungan, secara online.

Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.