Pefindo Tetapkan Peringkat idA- untuk Indonesian Paradise Property (INPP)

Martina Priyanti • 04 Sep 2024

an image
Ilustrasi peringkat (rating) A dan lainnya dari lembaga pemeringkat efek. (Shutterstock)

Saham INPP pada pembukaan perdagangan hari ini, Rabu (4/9/2024) per pukul 9.01 WIB berada pada posisi Rp1.060

Bareksa.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) PEFINDO menegaskan peringkat idA- dengan prospek stabil untuk PT Indonesian Paradise Property Tbk (INPP). Dalam laman Ikhtisar Peringkat, Pefindo menyampaikan bahwa peringkat tersebut mencerminkan pendapatan berulang INPP yang stabil, posisi pasar yang baik dengan kualitas aset yang baik, dan merek jaringan hotel yang kuat.

Sumber: Pefindo

"Peringkat tersebut dibatasi oleh profil keuangan Perusahaan yang moderat, risiko terkait dengan proyek-proyek di masa depan, dan paparan terhadap gangguan perjalanan yang disebabkan oleh peristiwa. Peringkat dapat dinaikkan jika INPP berhasil secara konsisten mencapai target pendapatannya dari segmen bisnis berulang dan tidak berulang (pengembangan yang ada dan yang akan datang) sambil memperbaiki leverage keuangannya secara berkelanjutan," sebut Pefindo tertanggal 3 September 2024.

Sebaliknya, Pefindo menyampaikan kalau peringkat tersebut dapat diturunkan jika Perusahaan gagal melaksanakan aksi korporasi yang akan datang. "Peringkat tersebut juga dapat diturunkan jika pendapatan atau EBITDA INPP jauh di bawah proyeksi, dan jika Perusahaan menanggung lebih banyak utang daripada yang diproyeksikan tanpa dikompensasi oleh prospek pendapatan yang lebih kuat, yang melemahkan metrik keuangan Perusahaan secara berkelanjutan," sebut Pefindo.

Melansir keterangan Pefindo, didirikan pada tahun 1996, INPP adalah pengembang properti serba guna yang bergerak dalam operasi hotel, pengembangan pusat perbelanjaan, dan perumahan bertingkat tinggi. Per 30 Juni 2024, pemegang saham Perusahaan adalah PT Grahatama Kreasibaru (37,00%), Tree of Blessing Pte Ltd (28,15%), Elysium Investment Partner Ltd (18,00%), CGS International Securities Singapore Pte Ltd (8,43%), manajemen (0,05%), dan publik (8,37%).

Sumber: Pefindo

Sementara itu saham INPP pada pembukaan perdagangan hari ini, Rabu (4/9/2024) per pukul 9.01 WIB berada pada posisi Rp1.060.

Beli Saham di Sini
(Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan 

.