Ini Alasan Saham Indo Boga Sukses (IBOS) Masuk Radar UMA

Martina Priyanti • 16 Jul 2024

an image
Ilustrasi saham yang bergerak tidak wajar dan masuk kategori Unusual Market Activity (UMA) di bursa. (Shutterstock)

Saham IBOS pada perdagangan hari ini, Selasa (16/7/2024) per pukul 10.09 WIB tercatat Rp101

Bareksa.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyampaikan dalam rangka perlindungan Investor, dengan ini kami menginformasikan bahwa telah terjadi penurunan harga saham PT Indo Boga Sukses Tbk (IBOS), di luar kebiasaan (Unusual Market Activity). "Pengumuman Unusual Market Activity (UMA) tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal," kata Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI, Yulianto Aji Sadono dalam laman resmi IDX, kemarin (15/7/2024).

BEI menyampaikan bahwa informasi terakhir mengenai Perusahaan Tercatat adalah informasi tanggal 10 Juli 2024 yang dipublikasikan melalui website PT Bursa Efek Indonesia tentang laporan bulanan registrasi pemegang efek. Lebih lanjut dalam pengumuman Peng-UMA-00118/BEI.WAS/07-2024, BEI menyampaikan bahwa sebagai informasi, sebelumnya bursa telah mengumumkan:
• Penghentian Sementara Perdagangan terhadap Saham IBOS di Pasar Reguler dan Tunai pada tanggal 15 Mei 2024 dalam rangka cooling down.
Unusual Market Activity (UMA) tanggal 30 April 2024 atas perdagangan saham IBOS.
• Penghentian Sementara Perdagangan terhadap Saham IBOS di Pasar Reguler dan Tunai pada periode 5 s.d. 8 Maret 2024.
• Penghentian Sementara Perdagangan terhadap Saham IBOS di Pasar Reguler dan Tunai pada tanggal 7 Februari 2024 dalam rangka cooling down.
Unusual Market Activity (UMA) tanggal 26 Januari 2024 atas perdagangan saham IBOS.

Nah, sehubungan dengan terjadinya UMA atas saham IBOS tersebut, "perlu kami sampaikan bahwa Bursa saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini," kata Yulianto Aji Sadono. Oleh karena itu, ia melanjutka para investor diharapkan untuk:

a. Memperhatikan jawaban Perusahaan Tercatat atas permintaan konfirmasi Bursa;

b. Mencermati kinerja Perusahaan Tercatat dan keterbukaan informasinya;

c. Mengkaji kembali rencana corporate action Perusahaan Tercatat apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS;

d. Mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

Adapun saham IBOS pada perdagangan hari ini, Selasa (16/7/2024) per pukul 10.09 WIB tercatat Rp101.

Beli Saham, Klik di Sini
(Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.