Pefindo Tetapkan Peringkat idAA Prospek Stabil untuk Mayora Indah (MYOR)

Martina Priyanti • 03 Jul 2024

an image

Peringkat dapat diturunkan jika Perusahaan secara agresif membiayai ekspansi dengan utang yang jauh lebih besar dari proyeksi tanpa dikompensasi oleh peningkatan kinerja usaha

Bareksa.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) atau Pefindo menetapkan peringkat idAA dengan prospek stabil untuk PT Mayora Indah Tbk (MYOR). Dalam laman resminya tertanggal 2 Juli 2024, Pefindo juga menetapkan peringkat idAA untuk obligasi berkelanjutan MYOR yang masih beredar.

Sumber: Pefindo

Pada saat yang sama, Pefindo menyampaikan bahwa juga memberikan peringkat idAA untuk rencana Perusahaan menerbitkan Obligasi Berkelanjutan III Tahun 2024 dengan nilai maksimum Rp2,5 triliun. Sementara itu menurut Pefindo, peringkat mencerminkan posisi usaha Perusahaan yang sangat kuat, bauran produk yang terdiversifikasi dengan baik, serta profil keuangan yang sangat kuat. Peringkat tersebut dibatasi oleh paparan terhadap fluktuasi biaya bahan baku dan kompetisi yang ketat di industri.

Pefindo menyampaikan bahwa peringkat dapat dinaikkan jika Perusahaan dapat memperkuat posisinya baik di pasar domestik dan internasional serta tetap mempertahankan profil keuangan yang konservatif dan marjin laba yang stabil. "Peringkat dapat diturunkan jika Perusahaan secara agresif membiayai ekspansi dengan utang yang jauh lebih besar dari proyeksi tanpa dikompensasi oleh peningkatan kinerja usaha," sebut Pefindo.

Melansir keterangan Pefindo dalam Ikhtisar Peringkat, MYOR adalah produsen makanan kemasan dan makanan ringan yang terkemuka di Indonesia. Produk-produknya yang beragam terbagi ke dalam enam kategori: biskuit, permen, wafer, kopi, cokelat, dan sereal instan. Fasilitas produksinya saat ini berlokasi di provinsi Banten dan Jawa Barat.

Sumber: Pefindo

Pada tanggal 31 Maret 2024, pemegang sahamnya terdiri dari PT Unita Branindo (32,93%), PT Mayora Dhana Utama (26,14%), Jogi Hendra Atmadja (25,24%), dan masyarakat (15,69%).

Beli Saham, Klik di Sini
(Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.