BEI Catat Laba Bersih Rp578,67 Miliar di 2023

Abdul Malik • 26 Jun 2024

an image
Ilustrasi laman resmi dan aplikasi Bursa Efek Indonesia/BEI. (Shutterstock)

BEI juga mampu menekan kenaikan beban menjadi 7,7%

Bareksa.com - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) melaporkan hasil kinerja sepanjang tahun 2023. Pada tahun lalu, kinerja keuangan BEI berhasil mencatatkan hal positif dengan pendapatan mencapai Rp2,5 triliun dan laba bersih Rp578,67 miliar. BEI juga mampu menekan kenaikan beban menjadi 7,7%, jika dibandingkan dengan rata-rata kenaikan beban perusahaan selama 2 (dua) tahun terakhir 14,9%. "Pada posisi keuangan, BEI mampu menjaga perimbangan antara aset, liabilitas, dan ekuitas. Meskipun terdeviasi dari tahun sebelumnya, Perusahaan mampu menjaga kondisi likuiditas dan kesinambungan solvabilitas ke depan sebagai Langkah fundamental untuk menjaga kelangsungan usaha hingga masa-masa mendatang," kata Direktur Utama BEI Iman Rachman, dalam paparannya seusai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUSPT), di Jakarta, Rabu (26/6).

Selain itu, imbuh Iman, BEI masih membukukan kinerja rasio keuangan yang kompetitif dibandingkan bursa-bursa regional. Efektivitas kinerja keuangan BEI juga ditujukan dengan aktivitas belanja investasi yang meningkat dibandingkan tahun sebelumnya sebagai upaya menjaga kesinambungan usaha perseroan serta pengembangan pasar modal Indonesia. Berdasarkan hasil audit dan opini Kantor Akuntan Publik Purwantono, Sungkoro, & Surja dan Danil Setiadi Handaja selaku Akuntan Publik pada Kantor Akuntan Publik tersebut, dinyatakan laporan keuangan BEI telah menyajikan informasi secara wajar, dalam semua hal yang material, posisi keuangan konsolidasian BEI dan entitas anaknya tanggal 31 Desember 2023, serta kinerja keuangan dan arus kas konsolidasian untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut, sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia.

Sebagai informasi, dalam RUPST 2024 BEI telah membahas 5 agenda, yaitu persetujuan atas laporan tahunan termasuk laporan tugas pengawasan dewan komisaris dan pengesahan laporan keuangan perseroan untuk tahun buku 2023, persetujuan penyisihan cadangan wajib perseroan tahun buku 2023, penunjukan akuntan publik perseroan untuk tahun buku 2024, pengangkatan dan penetapan honorarium bagi anggota dewan komisaris perseroan masa jabatan 2024-2028, serta pemberian uang jasa pengabdian bagi anggota dewan komisaris perseroan yang berakhir masa jabatannya, terakhir soal perubahan anggaran dasar perseroan. RUPST 2024 BEI dihadiri 91 pemegang saham atau 100% dari jumlah pemegang saham yang memiliki hak suara.

Beli Saham di Sini

(IQPlus/17752784/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.