Pyridam Farma (PYFA) Tuntaskan Pembelian Saham Probiotec di Australia

Martina Priyanti • 20 Jun 2024

an image
Ilustrasi pembelian saham. (Shutterstock)

Saham PYFA pada perdagangan hari ini, Kamis (20/6/2024) per pukul 10.41 WIB tercatat naik 1 poin atau 0,97% menjadi Rp104

Bareksa.com - PT Pyridam Farma Tbk (PYFA) menuntaskan pembelian 100% saham farmasi di Australia, Probiotec Ltd pada tanggal 18 Juni 2024. Nadia Miranty Verdiana, Corporate Secretary PYFA dalam keterangan tertulisnya Kamis (20/6) menuturkan bahwa PYFA melalui anak usahanya PYFA Australia Pty Ltd (PAPL) telah menuntaskan pembelian 100% saham farmasi di Australia, Probiotec Ltd, senilai AUS$251,32 juta dengan nilai AUD3,00 untuk setiap lembar sahamnya.

Nadia menjelaskan pengambilalihan dilakukan melalui mekanisme Scheme, yaitu pengambilalihan saham-saham dalam perusahaan target (dalam hal ini Probiotec) yang dilakukan berdasarkan putusan pengadilan Australia yang mewajibkan seluruh pemegang saham perusahaan target untuk menjual dan mengalihkan saham-sahamnya kepada pihak pembeli dalam mekanisme Scheme.

"Dengan penyelesaian transaksi ini maka PAPL telah secara efektif memiliki 100% saham Probiotec dimana pengambilalihan ini memenuhi batasan nilai transaksi material sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 17/POJK.04/2020," tuturnya. Dengan tuntasnya transaksi ini maka PYFA menerima beberapa manfaat seperti ekspansi pasar, di mana melalui Pengambilalihan, Perseroan dapat menjangkau pasar yang lebih luas, dan juga meningkatkan pangsa pasar grup Perseroan di pasar internasional.

Selanjutnya akses kepada teknologi serta riset dan pengembangan (R&D) yang lebih mumpuni, di mana dengan adanya Pengambilalihan, grup Perseroan dapat mendapatkan akses ke teknologi, penelitian, pengetahuan, dan pengembangan produk baru yang lebih mumpuni, dan dapat menghasilkan sinergi yang membawa dampak positif. Pengambilalihan ini juga menjadikan operasional PYFA menjadi efisien, di mana melalui Pengambilalihan, grup Perseroan bisa meraih skala ekonomis yang lebih menguntungkan, dan mengarah pada efisiensi dalam rantai pasokan, produksi, dan hal-hal lainnya; dan akses kepada sumber daya, dimana melalui Pengambilalihan.

Nadia menambahkan dengan akuisisi ini PYFA secara grup juga memiliki kesempatan untuk dapat memanfaatkan sumber daya Probiotec, seperti fasilitas produksi modern, jaringan yang luas, dan akses ke jaringan distribusi yang lebih baik dalam rangka menghasilkan sinergi yang positif.

Sementara saham PYFA pada perdagangan hari ini, Kamis (20/6/2024) per pukul 10.41 WIB tercatat naik 1 poin atau 0,97% menjadi Rp104.

Beli Saham di Sini
(IQPlus/17133862/mp)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.