Pefindo Tetapkan Peringkat idAAA Bank Danamon Indonesia (BDMN)

Martina Priyanti • 06 Jun 2024

an image
Kantor Bank Danamon di Bandung, Jawa Barat. (Shutterstock)

Saham BDMN pada perdagangan hari ini, Kamis (6/6/2024) per pukul 11.26 WIB naik 20 poin atau 0,77% menjadi berada pada posisi Rp2.610

Bareksa.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat idAAA dengan prospek stabil untuk PT Bank Danamon Indonesia Tbk atau Bank Danamon (BDMN). Melansir laman resmi Pefindo tertanggal 5 Juni 2024, disampaikan bahwa peringkat tersebut terutama dipengaruhi oleh tingkat kemungkinan dukungan yang sangat kuat dari MUFG Bank Ltd sebagai pemegang saham mayoritas.

Sumber: Pefindo

Menurut Pefindo, profil kredit berdiri sendiri BDanamon mencerminkan tingkat permodalan yang sangat kuat dan posisi pasar yang kuat, tetapi dibatasi oleh kualitas aset yang moderat. Hanya saja, Pefindo juga menyampaikan bahwa peringkat dapat diturunkan jika Pefindo menilai adanya penurunan dukungan dari MUFG Bank kepada Bank Danamon yang signifikan, diindikasikan dengan pengurangan kepemilikan dan pengendalian secara substansial. Peringkat juga dapat mengalami tekanan jika profil bisnis atau kinerja keuangan Bank memburuk secara signifikan, tanpa adanya indikasi dukungan dari MUFG Bank.

Melansir Pefindo, Bank Danamon adalah bank komersial yang melayani segmen mass-market melalui anak perusahaannya, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance, peringkat idAAA/stabil), segmen usaha kecil dan menengah, serta konsumer, komersial dan korporasi (Enterprise Banking). Per 31 Desember 2023, MUFG Bank memiliki 92,5% saham Bank Danamon, sedangkan sisanya dimiliki oleh publik (7,5%).

Sumber: Pefindo

Adapun saham BDMN pada perdagangan hari ini, Kamis (6/6/2024) per pukul 11.26 WIB naik 20 poin atau 0,77% menjadi berada pada posisi Rp2.610.

Beli Saham di Sini
(Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.