Merdeka Battery (MBMA) Pinjami Anak Usaha US$150 Juta

Abdul Malik • 22 May 2024

an image
Refleksi karyawan berjalan di dekat layar pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (8/12/2020). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa)

Setiap dana pembiayaan yang masih terutang akan dikenakan bunga perjumlahan dari Secured Overnight Financing Rate dan 4,75% per tahun

Bareksa.com - PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) menandatanganan addendum pertama atas perjanjian pinjaman pemegang saham kepada PT Merdeka Industri Anantha (MIA) pada 17 Mei 2024. Deny Greviartana Wijaya Corporate Secretary MBMA dalam keterangan tertulisnya (21/5) menuturkan berdasarkan addendum, perseroan dan MIA telah sepakat untuk mengubah perjanjian dengan menambah nilai pinjaman menjadi sampai US$150 jjuta. Setiap dana pembiayaan yang masih terutang yang diberikan oleh MBMA kepada MIA akan dikenakan bunga perjumlahan dari Secured Overnight Financing Rate untuk setiap periode bunga dan 4,75% per tahun.

Sebagai informasi, MBMA sebelumnya memberikan pinjaman kepada MIA USD100 juta pada 22 Januari 2024 yang akan digunakan untuk mendukung kegiatan usaha anak-anak perusahaan MIA dengan cara penyediaan utang, penyetoran modal dan/atau uang muka setoran modal. Jangka waktu pembiayaan yang diberikan oleh MBMA kepada MIA berdasarkan addendum dimulai sejak tanggal efektif (sebagaimana didefinisikan dalam perjanjian) dan akan berakhir maksimal pada tanggal yang jatuh satu tahun setelah tanggal efektif, yang dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan tertulis perseroan dan MIA.

"Dengan terlaksananya addendum, diharapkan dapat memberikan dampak positif kepada perseroan yang pada akhirnya dapat menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham perseroan secara tidak langsung," tuturnya. Deny menambahkan transaksi ini merupakan transaksi afiliasi sesuai regulasi OJK dalam POJK 42/2020 dimana MIA adalah salah satu anak perusahaan yang dikendalikan secara langsung oleh MBMA dengan kepemilikan saham 99%, dan juga karena terdapat beberapa anggota direksi MBMA yang juga menjabat sebagai anggota direksi dan/atau dewan komisaris MIA.MBMA adalah anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA).

Beli Saham di Sini

(IQPlus/14237249/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.