Electronic City Indonesia (ECII) Siapkan Rp20 Miliar untuk Buyback Saham

Abdul Malik • 21 May 2024

an image
Salah satu gerai PT Electronic City Indonesia Tbk (ECII) di Mall Kota Kasablanka, Jakarta. (Shutterstock)

Jangka waktu pembelian kembali saham tersebut akan dimulai pada 27 Juni 2024 sampai dengan 26 Juli 2025

Bareksa.com - Peritel barang-barang elektronik, PT Electronic City Indonesia Tbk. (ECII) mengumumkan akan melaksanakan pembelian kembali (buyback) saham. Manajemen ECII dalam keterangan tertulisnya (20/5) menyampaikan ECII akan melakukan buyback dengan jumlah saham yang akan dibeli kembali tidak akan melebihi 20% dari modal disetor dan paling sedikit saham yang beredar adalah 7,5% dari modal disetor dengan alokasi dana Rp20 miliar termasuk biaya-biaya perantara pedagang efek dan biaya lainnya.

ECII memaparkan aksi ini dilakukan dengan pertimbangan utama harga saham perseroan saat ini belum mencerminkan nilai/kinerja ECII sesungguhnya, serta diharapkan dapat memberikan nilai tambah kepada pemegang saham perseroan selain dividen. Manajemen ECII meyakini pembelian kembali saham tidak mempengaruhi kondisi keuangan. Sebab sampai dengan saat ini perseroan mempunyai modal kerja yang memadai untuk membiayai kegiatan usahanya.

ECII juga berkeyakinan pelaksanaan buyback saham tidak berdampak negatif yang material terhadap kegiatan usahanya,  mengingat perseroan punya modal kerja dan cash flow cukup untuk melaksanakan pembiayaan transaksi bersamaan dengan kegiatan usahanya, serta tidak berdampak material terhadap proforma laba per saham. Sebab buyback saham idak berhubungan langsung dengan kegiatan operasional perseroan.

Beli Saham di Sini

"Pelaksanaan buyback akan dilakukan di harga yang dianggap baik dan wajar oleh manajemen perseroan dengan memperhatikan peraturan-peraturan yang berlaku," tuturnya. Aksi korporasi ini tmenggunakan dana internal perseroan, bukan merupakan dana hasil penawaran umum dan bukan merupakan dana yang berasal dari pinjaman dan/atau utang dalam bentuk apapun, serta tidak mempengaruhi kemampuan keuangan perseroan secara signifikan untuk memenuhi kewajiban yang akan jatuh tempo.

Adapun jangka waktu pembelian kembali saham tersebut akan dimulai pada 27 Juni 2024 sampai dengan 26 Juli 2025. Untuk melancarkan aksi ini, maka ECII akan meminta persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham yang akan digelar pada 26 Juni 2024.

Beli Saham di Sini

(IQPlus/14135578/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

D​ISCLAIMER​​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.