Pasar Sumringah, Saham TPIA Dibuka Melesat 8% dengan Transaksi Segini

Hanum Kusuma Dewi • 15 May 2024

an image
Ilustrasi trading saham menggunakan handphone smartphone dan laptop yang menampilkan pergerakan harga saham. (Shutterstock

Saham emiten petrokimia milik Prajogo Pangestu ini akan membagikan dividen tunai US$30 juta

Bareksa.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini (15/5/2024) dibuka sumringah naik 0,57% ke 7.124,22 pada pukul 9.10 WIB. Saham TPIA menjadi salah satu yang paling ramai diperdagangkan pada pagi ini dengan nilai transaksi terbesar di Bursa.

Saham PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA) dibuka melesat 8% dan sempat mencapai level tertinggi intraday di Rp9.275. Per pukul 9.10 WIB hari ini nilai transaksinya mencapai Rp261 miliar, seperlima dari nilai transaksi Bursa sebesar Rp1,3 triliun.

Saham TPIA dibuka melesat hingga 8% hari ini. Sumber: Bareksa Saham

Menurut data order book saham TPIA per pukul 9:10 WIB, terlihat antrean beli (bid) yang jauh lebih banyak daripada antrean jual (offer). Jumlah antrean beli mencapai 69.296 lot, sementara antrean jual sebanyak 41.500 lot.

Harga bid terbanyak di Rp8.950 dengan antrean sebanyak 5.543 lot. Sementara itu, offer terbanyak di harga Rp9.250 sebanyak 6.378 lot.

TPIA menjadi salah satu saham yang direkomendasi Tim Analis Bareksa dalam Stock Pick hari ini. Selamat buat investor yang sudah mencapai target harga dan ambil untung sesuai dengan rekomendasi sebelumnya.

Emiten petrokimia milik konglomerat Prajogo Pangestu ini akan membagikan tambahan dividen tunai sebesar US$30 juta atau setara dengan Rp482,43 miliar (kurs jisdor 8 Mei 2024 sebesar Rp16.081) pada 12 Juni 2024. Dijadwalkan, cum dividen pasar reguler dan negosiasi pada 20 Mei sedangkan, ex dividen pasar reguler dan negosiasi 21 Mei.

Sementara itu, saham TPIA juga masuk dalam daftar indeks MSCI Indonesia, yang sering menjadi acuan bagi investor global. 

Beli Saham di Sini

(Sigma Kinasih/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

D​ISCLAIMER​​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.