Naik Tak Wajar, Saham ASPI Masuk Radar UMA BEI

Abdul Malik • 14 May 2024

an image
Ilustrasi gedung kantor Bursa Efek Indonesia di Jakarta. (Shutterstock)

Saham ASPI tercatat melesat 8,42% jadi Rp206 pada Senin (13/5) dan sebulan terakhir meroket 42,07%

Bareksa.com -  Dalam pengumuman Peng-UMA-00091/BEI.WAS/05-2024, Bursa Efek Indonesia sedang mengawasi pergerakan saham PT Andalan Sakti Primaindo Tbk (ASPI) akibat peningkatan di luar kebiasaan (unusual market activity/UMA). Langkah itu seiring upaya BEI dalam rangka perlindungan investor.

“Pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal,” ungkap Yulianto Aji Sadono, Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI dalam pengumumannya (13/5). 

Saham ASPI tercatat melesat 8,42% jadi Rp206 pada Senin (13/5) dan sebulan terakhir meroket 42,07%. Menurut Yulianto, informasi terakhir mengenai perusahaan tercatat adalah informasi tanggal 6 Mei 2024 yang dipublikasikan melalui website BEI tentang penyampaian laporan keuangan interim yang tidak diaudit.

Beli Saham di Sini

Sebagai informasi, sebelumnya Bursa juga telah mengumumkan UMA tanggal 6 Juli 2023 atas perdagangan saham ASPI. Sehubungan dengan terjadinya UMA atas saham ASPI tersebut, maka BEI menyampaikan saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini. Karena itu para investor diharapkan untuk:

a. Memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi Bursa
b. Mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasinya
c. Mengkaji kembali rencana corporate action perusahaan tercatat apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS
d. Mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

“Seluruh keterbukaan informasi terkait Emiten dipublikasikan melalui website Bursa (www.idx.co.id),” Yulianto menyatakan. 

Investasi Saham di Sini

(AM)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

D​ISCLAIMER​​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.