Homeco Victoria Makmur (LIVE) Targetkan Dana IPO Rp119,63 Miliar

Martina Priyanti • 02 Feb 2024

an image
Ilustrasi Initial Public Offering/IPO atau penawaran umum perdana. (Shutterstock)

LIVE menawarkan 808,35 juta saham, seharga Rp148 per saham

Bareksa.com - PT Homeco Victoria Makmur Tbk (LIVE) berpotensi meraih dana segar sekitar Rp119,635 miliar, dari hasil Initial Public Offering (IPO) atau penawaran umum perdana, sebanyak 808,35 juta saham atau 17,6%. Target tersebut seiring dengan telah ditetapkannya harga saham perdana di level Rp148 per saham.

LIVE dibantu oleh penjamin emisi efek yaitu PT Binaartha Sekuritas dan PT Samuel Sekuritas Indonesia. Adapun dana hasil IPO, akan digunakan untuk pelunasan utang perseroan dan untuk modal kerja.

Rinciannya, sebesar Rp25 miliar akan dipergunakan untuk pelunasan sebagian utang perseroan kepada PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang akan jatuh tempo. Rencananya pembayaran direncanakan akan dilaksanakan paling lambat 1 bulan sejak dana penawaran umum diterima.

Kemudian, dana hasil IPO sebesar Rp25 miliar akan dipergunakan untuk pelunasan sebagian utang usaha perseroan kepada entitas anak PT Trisinar Indopratama (TSI). Sedangkan sisa dana hasil IPO akan digunakan oleh perseroan untuk pengembangan usaha dalam bentuk modal kerja, antara lain namun tidak terbatas pada pembelian persediaan persediaan bahan penunjang, persediaan barang dagang, pengiriman barang dagang dan biaya pemasaran serta biaya operasional lainnya.

Bersamaan dengan penawaran umum perdana saham ini, perusahaan juga mengadakan program Employee Stock Allocation (ESA) dengan jumlah sebanyak-banyaknya 8,35 juta saham biasa, atau sebesar 1,03% dari saham yang ditawarkan saat penawaran umum perdana saham. Program ESA tidak diperuntukan bagi Direksi dan Komisaris Perseroan.

Sebagai informasi, masa penawaran umum akan dilakukan pada tanggal 2-6 Februari 2024, Tanggal penjatahan pada 6 Februari 2024, Tanggal distribusi saham secara elektronik pada 7 Februari 2024, dan diharapkan saham LIVE dapat tercatat di Bursa pada tanggal 12 Februari 2024.

Investasi Saham di Sini
(IQPlus/03237322/mp)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini- Beli reksadana, klik tautan ini

- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.