Harga IPO Multikarya Asia Pasifik Raya (MKAP) Ditetapkan Rp115 per Saham

Martina Priyanti • 02 Feb 2024

an image
Ilustrasi initial public offering atau penawaran umum perdana saham (IPO). (Shutterstock)

Jumlah saham yang ditawarkan dalam IPO maksimum sebanyak 650 juta saham

Bareksa.com - PT Multikarya Asia Pasifik Raya Tbk (MKAP) sedang melakukan penawaran umum perdana saham alias initial public offering (IPO), dengan harga saham perdana di level Rp115 per saham. Adapun jumlah saham yang ditawarkan dalam Initial Public Offering (IPO) maksimum sebanyak 650 juta saham atau 20% dari modal disetor dan ditempatkan pasca IPO.

MKAP menggandeng PT Lotus Andalan Sekuritas yang bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi. Adapun masa masa penawaran umum dilaksanakan pada tanggal 1-6 Februari 2024, dan pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) diharapkan terlaksana pada 12 Februari 2024. Sementara itu melansir Kontan, MKAP membidik dana maksimal Rp74,75 miliar dari aksi korporasi tersebut.

Perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, jasa perdagangan dan perbaikan pompa serta peralatann pendukung industri minyak ini akan mempergunakan seluruh dana hasil IPO untuk modal kerja Perseroan yang antara lain namun tidak terbatas digunakan untuk biaya operasional, pembayaran kepada pemasok, perbaikan alat-alat berat yang dimiliki (seperti: mesin, pompa, dan transmisi).

Mengutip Investor, pemegang saham MKAP sebelum IPO, terdiri dari PT International Sawo Resources sebesar 95% saham dan Djoni Suyanto 5%.
Saham-saham PT International Sawo Resources dikuasai oleh Sani Handoko 51%, Eric Handoko 24,5%, dan Daniel Handoko 24,5%.

Adapun pengendali dari MKAP ialah Sani Handoko, yang juga menjabat komisaris utama perseroan. Sani Handoko telah menjabat sebagai komisaris utama perseroan berdasarkan keputusan RUPS pada September 2023. Sebelumnya, menjabat sebagai direktur utama perseroan sejak tahun 2016 hingga 2023 dan menjabat sebagai komisaris utama di PT Prima Sentra Usaha sejak tahun 2020 hingga saat ini.

Investasi Saham di Sini
(IQPlus/03232586/mp)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini- Beli reksadana, klik tautan ini

- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.