Obligasi Korporasi Jaga Stabilitas, KISI Fixed Income Fund Plus Untung 4,82% dalam 7 Bulan

Hanum Kusuma Dewi • 25 Sep 2024

an image
Ilustrasi investasi di reksa dana KISI Fixed Income Fund Plus yang mencatat kinerja menarik seiring penguatan pasar obligasi. (Shutterstock)

Reksa dana yang dikelola oleh KISI Asset Management ini efektif sejak Februari 2024

Bareksa.com - Reksa dana pendapatan tetap dapat dijadikan investasi utama bagi investor moderat, dan diversifikasi bagi investor agresif dan konservatif. Apalagi, saat kondisi pasar obligasi diuntungkan dari pemangkasan suku bunga acuan, reksa dana berbasis obligasi mendapatkan manfaatnya. Salah satunya adalah KISI Fixed Income Fund Plus

Reksa dana yang dikelola oleh KISI Asset Management ini efektif sejak Februari 2024 dan kini tersedia di super app Bareksa. Mirip dengan saudaranya KISI Fixed Income Fund, produk ini berfokus pada obligasi, hanya saja lebih banyak porsinya di obligasi korporasi. 

Menurut Fund Fact Sheet per Agustus 2024, reksa dana ini menempatkan 82,31% portofolionya di obligasi dan sisanya 17,69% di pasar uang. Berikut 10 aset terbesar dalam portofolionya:

  • Bank KB Syariah

  • Bank Mega Syariah

  • Obligasi Bank Victoria

  • Obligasi Barito Pacific

  • Obligasi Lautan Luas

  • Obligasi Mayora Indah

  • Obligasi Merdeka Battery Materials

  • Obligasi Oki Pulp & Paper Mills

  • Obligasi Pembangunan Jaya Ancol

  • Obligasi Sinarmas Multiartha

Sejak peluncurannya pada Februari 2024, reksa dana ini sudah memperlihatkan kinerja yang cukup menarik. Dalam tujuh bulan terakhir (6 Februari - 23 September 2024), KISI Fixed Income Fund Plus sudah menguat 4,82%. Tidak heran, kinerja AUM nya atau dana kelolaan juga terus meningkat dari Februari 2024 sekitar Rp 26,9 M hingga akhir Agustus 2024 mencapai Rp 168, 7 M atau naik hingga 5 kali lipat dalam 6 bulan terakhir.

Kinerja reksa dana ini menjadi salah satu yang tertinggi untuk kategori pendapatan tetap di super app Bareksa 6 bulan terakhir yang mencapai 3,85% (per 23 September 2024). Ditambah lagi, produk ini mendapatkan rating Bareksa Barometer 3 dari skala 5, yang artinya Baik. 

Reksa dana pendapatan tetap ini diuntungkan dari penurunan suku bunga acuan The Fed sebesar 0,5% dan BI sebesar 0,25% pada September 2024. Sebab, dengan suku bunga turun, yield obligasi biasanya juga ikut turun yang mencerminkan kenaikan harga di pasar obligasi. 

Sebagai catatan, investasi berbasis obligasi korporasi juga ada risiko penurunan nilai karena pergerakan pasar. Namun, fluktuasinya terbilang lebih rendah dibandingkan dengan obligasi negara. 

KISI Fixed Income Fund Plus cocok untuk investor moderat dengan jangka waktu investasi menengah sekitar 3-5 tahun. Investor konservatif dan agresif juga bisa memanfaatkan produk ini untuk diversifikasi agar menjaga stabilitas portofolio. 

Beli Kisi Fixed Income Fund Plus

Promo KISI AM

Ada kesempatan raih hadiah bagi Smart Investor Bareksa yang membeli KISI Fixed Income Fund Plus, atau produk reksa dana lainnya dari KISI AM, termasuk KISI Equity Fund, KISI Fixed Income Fund dan KISI Money Market Fund

Kamu bisa dapatkan hadiah cashback berupa voucher reksa dana senilai 1% nilai transaksi (maksimal hadiah Rp2 juta), dengan pembelian reksa dana KISI senilai minimal Rp2 juta. Gunakan kode promo KISISEP24

Syarat dan Ketentuan Promo Reksa Dana KISI September 2024

1. Periode promo tanggal 25 September 2024 pukul 09.00 WIB - 13 Oktober 2024 pukul 23.59 WIB 

2. Promo berlaku KHUSUS untuk pembelian produk reksa dana dari KISI AM dengan memilih kode promo KISISEP24

3. Promo berlaku untuk pembelian produk KISI AM - Minimum Investasi Baru (fresh fund) adalah Rp 2.000.000 / transaksi dan berlaku 1x per nasabah

4. Bonus Investasi yang didapatkan adalah 1% dari nilai investasi reksa dana, dengan maksimum cashback Rp2.000.000.

5. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa

6. Reksa Dana yang telah dibeli menggunakan kode promo tidak akan dihitung dalam penilaian program promosi apabila dijual sebelum tanggal 13 Januari 2025

7. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 30 Januari 2025 melalui media sosial dan email Bareksa.

8. Kuota total hadiah terbatas maksimal Rp 10 juta, tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan.

9. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika nasabah terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi. 

Ayo investasi reksa dana untuk tujuan keuangan kamu dan raih peluang hadiahnya dari KISI AM. 

Beli Kisi Fixed Income Fund Plus

(ADV | hm) 

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksa dana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksa dana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksa dana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksa dana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

***

DISCLAIMER

Konten bersponsor. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksa dana.