Batavia Dana Kas Maxima Kembali Pimpin Produk Reksadana Pasar Uang Kelolaan Terbesar Juli 2024

Martina Priyanti • 13 Aug 2024

an image
Ilustrasi dana kelolaan reksadana pasar uang yang digambarkan dengan tumpukan koin dan tropi piala. (Shutterstock)

Batavia Dana Kas Maxima dan Mandiri Investa Pasar Uang Kelas A tersedia di super app Bareksa

Bareksa.com - Reksadana pasar uang bisa jadi salah satu instrumen investasi yang pas untuk mendukung tujuan keuangan jangka pendek dengan risiko relatif rendah maupun, untuk diversifikasi investasi. Ulasan mengenai kinerja reksadana pasar uang bulan lalu serta produk-produknya dengan kelolaan terbesar, semoga bisa membantu Kamu memilih produk yang pas sesuai dengan profil keuanganmu.

Laporan Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report July 2024 menyebutkan bahwa dari sisi dana kelolaan/AUM, kelolaan reksadana pasar uang pada bulan lalu atau Juli 2024 berada pada posisi Rp84,5 triliun, naik 1,52% sepanjang tahun berjalan/YTD. Sementara itu unit penyertaan reksadana pasar uang tercatat 52,8 miliar unit, terkoreksi -0,62% YTD.

Sumber: Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report July 2024

Terutama bagi Kamu yang merupakan investor pemula, perlu mengetahui bahwa besaran dana kelolaan produknya bisa menjadi satu pertimbangan. Alasannya, besarnya dana kelolaan tidak selalu mencerminkan kinerja reksadana pasar uang tersebut, tetapi bisa menjadi salah satu indikator kepercayaan investor dalam menempatkan dananya di suatu produk reksadana.

Berikut top 5 produk reksadana pasar uang dengan dana kelolaan terbesar Juli 2024:

1. Batavia Dana Kas Maxima

Posisi pertama daftar produk reksadana pasar uang dengan dana kelolaan terbesar pada akhir bulan lalu atau Juli 2024, kembali ditempati Batavia Dana Kas Maxima. Kelolaan Batavia Dana Kas Maxima tercatat Rp12,36 triliun, naik 1% secara bulanan/MOM.

2. Mandiri Investa Pasar Uang

Mandiri Investa Pasar Uang juga kembali tercatat menampati posisi kedua dengan dana kelolaan Rp9,82 triliun. Dana kelolaan Mandiri Investa Pasar Uang naik 9% secara bulanan/MOM.

3. Manulife Dana Kas II Kelas A​​

Selanjutnya posisi ketiga juga masih ada Manulife Dana Kas II Kelas A, dengan kelolaannya Rp4,34 triliun. Kelolaan Manulife Dana Kas II Kelas A​​ naik 88% sepanjang tahun berjalan/YTD dan tumbuh 1% secara bulanan/MOM.

4. Sucorinvest Money Market Fund

Posisi keempat reksadana pasar uang dengan kelolaan tertinggi pada bulan lalu, masih ditempati Sucorinvest Money Market Fund dengan kelolaannya Rp3,89 triliun. Dana kelolaan Sucorinvest Money Market Fund naik 2% secara bulanan/MOM.

5. Trim Kas 2 Kelas A

Sementara itu Trim Kas 2 Kelas A tercatat bertahan menempati posisi kelima, dengan dana kelolaan tercatat Rp3,73 triliun. Kelolaan Trim Kas 2 Kelas A naik 4% secara bulanan/MOM.

Terkait lima produk reksadana pasar uang dengan kelolaan terbesar pada Juli 2024 tersebut, perlu Kamu ketahui bahwa kelima reksadana pasar uang dengan dana kelolaan terbesar di Tanah Air tersebut tersedia di super app investasi Bareksa.​

Daftar 20 Reksadana Pasar Uang Dana Kelolaan Terbesar Juli 2024

Sumber: Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report July 2024

Kelolaan Naik Tertinggi

Sementara itu dari sisi pertumbuhan dana kelolaan tertinggi, Mandiri Money Market USD kembali tercatat sebagai produk reksadana pasar uang yang dana kelolaannya tumbuh paling besar sepanjang tahun berjalan/YTD, kelolaannya naik 1.170%. Selain Mandiri Money Market USD, secara YTD, yang juga tumbuh paling besar antara lain BRI Gamasteps Pasar Uang (208%), Bahana Revolving Fund (118%), dan Bahana Gebyar Dana Likuid (107%).

Sedangkan secara bulanan/MOM, produk reksadana pasar uang yang dana kelolaannya tumbuh paling besar antara lain BRI Seruni Pasar Uang III (125%), BRI Gamasteps Pasar Uang (50%), dan Bahana Likuid Fund (20%).​

Reksadana Pasar Uang Adalah

Reksadana pasar uang adalah reksadana yang menempatkan portofolionya ke dalam instrumen pasar uang seperti deposito, surat berharga atau surat utang dengan jatuh tempo kurang dari setahun. Reksadana pasar uang cocok untuk investor dengan profil risiko rendah dan untuk investasi jangka pendek.

Artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report July 2024. Untuk berlangganan laporan ini silakan hubungi marketing@bareksa.com (cc: data@bareksa.com).

Investasi Reksadana di Sini

(Reynaldi Gumay/Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana