3 Alasan untuk Investasi di Insight Renewable Energy Fund

Hanum Kusuma Dewi • 12 Aug 2024

an image
Ilustrasi reksa dana Insight Renewable Energy Fund yang memiliki kinerja relatif stabil sekaligus memiliki dampak sosial pembangunan berwawasan lingkungan. (Shutterstock)

Dalam setahun terakhir (per 9 Agustus 2024), reksa dana yang dikelola oleh Insight Investments Management ini mencatatkan return 7,02%

Bareksa.com -  Kamu investor moderat yang mencari produk investasi untuk jangka menengah? Insight Renewable Energy Fund bisa jadi pilihan. Berikut tiga alasan untuk mempertimbangkan investasi di reksa dana pendapatan tetap ini.

1. Historical Return Menarik

Dalam setahun terakhir (per 9 Agustus 2024), reksa dana yang dikelola oleh Insight Investments Management ini mencatatkan return 7,02%.

Angka ini merupakan yang tertinggi di super app Bareksa untuk jenis reksa dana pendapatan tetap, dan jauh lebih tinggi dibandingkan Indeks Reksa Dana Pendapatan Tetap yang hanya naik 1,7% setahun terakhir. 

Grafik Perbandingan Insight Renewable Energy Fund vs. Indeks Reksa Dana Pendapatan Tetap

Sumber: Bareksa, data per 9 Agustus 2024

2. Kinerja Relatif Stabil

Reksa dana ini memiliki hampir 90% portofolionya di obligasi korporasi dengan durasi rata-rata 2,5 tahun, dan sisanya di instrumen pasar uang. Sesuai karakternya, nilai obligasi korporasi minim fluktuasi, sehingga dapat menjaga kestabilan kinerja dengan risiko yang tetap terjaga dengan baik.

Kinerja yang relatif stabil ini tercermin dari pergerakan Insight Renewable Energy Fund dalam 5 tahun terakhir. 

Sumber: Bareksa, data per 9 Agustus 2024

Terlihat bahwa dalam kondisi Covid-19 sekalipun, ketika pasar saham dan obligasi saat itu turun signifikan, produk ini masih mencatatkan pergerakan kinerja yang terjaga relatif stabil. Apalagi menghadapi isu terkait resesi AS baru-baru ini, Insight Renewable Energy Fund masih dapat menjadi pilihan investasi yang menarik untuk jangka menengah hingga panjang.

Mengutip dari Fund Fact Sheet, berikut daftar 10 aset terbesar (top holdings) reksa dana Insight Renewable Energy Fund per Juli 2024 dengan urutan berdasarkan abjad: 

  • Obligasi PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BOLD01B)

  • Obligasi PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA04ACN3)

  • Obligasi PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry (LPPI02BCN2)

  • Obligasi PT Medco Power Indonesia (SWMEDP01BCN3)

  • Obligasi PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA04BCN4)

  • Obligasi PT Oki Pulp & Paper Mills (OPPM01BCN1)

  • Sukuk Mudharabah PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (SMDSSA01CCN2)

  • Obligasi PT Indah Kiat Pulp & paper Tbk (INKP04BCN1)

  • Obligasi PT Provident Investasi Bersama Tbk (PALM02ACN2)

  • Obligasi PT Samudera Indonesia Tbk (SISMDR01BCN1)

Dari daftar 10 aset terbesar per Juli 2024, reksa dana ini mampu menghasilkan kinerja historis yang kompetitif dan tingkat risiko terukur karena berinvestasi pada obligasi-obligasi yang memiliki peringkat kredit/ credit rating minimal di single A. Hal ini juga yang menjadi salah satu pendorong utama kinerja Insight Renewable.

3. Berwawasan Lingkungan

Selain memberikan pengembalian investasi yang relatif stabil dan meningkat dalam jangka panjang, reksa dana ini juga memberikan kesempatan bagi pemegang unitnya untuk berkontribusi pada upaya-upaya memerangi dampak negatif dari perubahan iklim global. Sebab, Insight Renewable Energy Fund mempromosikan penggunaan Energi Terbarukan dengan cara mengalokasikan dana kepada Yayasan Energi Lestari yang mendukung pengembangan energi terbarukan.

Nah, itulah tadi alasan utama untuk mempertimbangkan Insight Renewable Energy Fund sebagai satu aset dalam portofolio kamu. Reksa dana ini tersedia di super app Bareksa dan bisa dibeli dengan modal mulai dari Rp100.000 saja. 

Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan profil risiko dan tujuan keuangan kamu ya. 

Beli Insight Renewable Energy Fund

 (ADV)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksa dana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksa dana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksa dana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksa dana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Konten bersponsor. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksa dana.