Tertinggi untuk Jenis Pendapatan Tetap, Reksa Dana Insight Ini Cuan 7,13% Setahun

Hanum Kusuma Dewi • 19 Jul 2024

an image
Ilustrasi reksa dana Insight Renewable Energy Fund yang memiliki kinerja menarik sekaligus berwawasan lingkungan. (Shutterstock)

Insight Renewable Energy Fund memiliki alokasi terbesar di obligasi korporasi dengan prinsip berkelanjutan

Bareksa.com -  Berinvestasi di produk yang berkelanjutan ternyata juga menguntungkan. Dengan return 7,13% setahun (per 12 Juli 2024), Insight Renewable Energy Fund membukukan kinerja tertinggi untuk jenis reksa dana pendapatan tetap di Bareksa. 

Apa yang mendorong kinerja Insight Renewable Energy Fund? Reksa dana kelolaan Insight Investments Management (Insight IM) memiliki porsi obligasi korporasi yang cukup agresif dibanding produk lain, yakni hampir 90%. Sementara sisanya di instrumen pasar uang. 

Selain itu jika dilihat alokasi, beberapa dialokasikan pada obligasi yang memiliki kupon hingga 10% per tahun dengan jatuh tempo sekitar 2-4 tahun dan durasi rata-rata sekitar 2 tahun. Artinya, dalam jangka pendek hingga menengah, produk-produk ini berpotensi masih dapat menjaga kestabilan kinerja dengan risiko yang tetap terjaga dengan baik.

Karakter produk reksa dana berbasis obligasi korporasi ialah nilainya cenderung stabil, tetapi ada risiko wanprestasi bila obligasi dalam portofolionya berstatus gagal bayar. Namun, Manajer Investasi melakukan mitigasi risiko dengan memilih obligasi dengan rating minimal A. 

Menurut Fund Fact Sheet, berikut daftar 10 aset terbesar (top holdings) reksa dana Insight Renewable Energy Fund per Juni 2024: 

  • Obligasi PT Barito Pacific Tbk (BRPT03BCN2)

  • Obligasi PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BOLD01B)

  • Obligasi PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA04ACN3)

  • Obligasi PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry (LPPI02BCN2)

  • Obligasi PT Medco Power Indonesia (SWMEDP01BCN3)

  • Obligasi PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA04BCN4)

  • Obligasi PT Oki Pulp & Paper Mills (OPPM01BCN1)

  • Sukuk Mudharabah PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills (SMPIDL02B)

  • Sukuk Mudharabah PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (SMDSSA01CCN2)

  • Obligasi PT Indah Kiat Pulp & paper Tbk (INKP04BCN1)

Selain itu, reksa dana ini telah mengubah kebijakan pembagian dividennya sejak Juni 2023. Sebelumnya, dividen reksa dana Insight Renewable Energy Fund dibagikan secara tunai dan per bulan langsung ditransfer ke rekening nasabah. 

Namun, sejak Juni 2023 dividen diinvestasikan kembali ke dalam portofolio. Sehingga, kinerja Insight Renewable Energy Fund saat ini sudah termasuk perubahan nilai aktiva bersih (NAV) yang menghitung dividen. Pergerakan NAV setahun terakhir juga terlihat lebih minim fluktuasi, dibandingkan periode sebelumnya.

Selain memberikan pengembalian investasi yang stabil dan meningkat dalam jangka panjang, reksa dana ini juga memberikan kesempatan bagi pemegang unitnya untuk berkontribusi pada upaya-upaya memerangi dampak negatif dari perubahan iklim global. Sebab, Insight Renewable Energy Fund mempromosikan penggunaan Energi Terbarukan dengan cara mengalokasikan dana kepada Yayasan yang mendukung pengembangan energi terbarukan.

Maka dari itu, I-Renewable Energy Fund bisa menjadi pilihan ideal untuk investor moderat yang ingin memaksimalkan keuntungan dari investasi jangka menengah mereka. Tak hanya itu, semua tipe investor juga bisa memanfaatkan produk ini untuk menyeimbangkan portofolio investasi mereka.

Beli Insight Renewable Energy Fund

(ADV)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Konten bersponsor. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.