Batavia Dana Kas Maxima Pimpin Produk Reksadana Pasar Uang dengan Kelolaan Terbesar Mei 2024

Martina Priyanti • 19 Jun 2024

an image
Ilustrasi top 5 produk investasi reksadana, termasuk reksadana pasar uang yang terus bertumbuh. (shutterstock)

Batavia Dana Kas Maxima dan Mandiri Investa Pasar Uang Kelas A tersedia di super app Bareksa

Bareksa.com - Untuk Kamu yang memiliki tujuan keuangan jangka opendek dan atau mencari instrumen investasi stabil dan rendah risiko, bisa mempertimbangkan reksadana pasar uang. Selain itu, reksadana pasar uang juga banyak dipilih bagi yang ingin melakukan diversifikasi investasi.

Terutama bagi Kamu yang merupakan investor pemula, perlu mengetahui bahwa besaran dana kelolaan produknya bisa menjadi satu pertimbangan. Alasannya, besarnya dana kelolaan tidak selalu mencerminkan kinerja reksadana pasar uang tersebut, tetapi bisa menjadi salah satu indikator kepercayaan investor dalam menempatkan dananya di suatu produk reksadana.

Lalu, reksadana pasar uang mana yang dana kelolaanya terbesar?  Berikut top 5 produk reksadana pasar uang dengan dana kelolaan terbesar Mei 2024:

1. Batavia Dana Kas Maxima

Puncak daftar produk reksadana pasar uang dengan dana kelolaan terbesar kembali ditempati Batavia Dana Kas Maxima. Pada akhir bulan lalu atau Mei 2024, dana kelolaan Batavia Dana Kas Maxima tercatat Rp11,86 triliun. Dana kelolaan Batavia Dana Kas Maxima, naik 1% secara bulanan/MOM.

2. Mandiri Investa Pasar Uang

Mandiri Investa Pasar Uang kembali tercatat mengisi posisi kedua produk reksadana pasar uang dengan dana kelolaan terbesar. Akhir Mei 2024, dana kelolaan salah satu produk kelolaan Mandiri Manajemen Investasi (MMI) ini mencapai Rp9,21 triliun.

3. Sucorinvest Money Market Fund

Sementara itu posisi ketiga reksadana pasar uang dengan kelolaan tertinggi pada bulan lalu juga kembali ditempati Sucorinvest Money Market Fund, dengan kelolaan Rp4,01 triliun.

4. Manulife Dana Kas II Kelas A​​

Di sisi lain posisi keempat jadi ditempati Manulife Dana Kas II Kelas A karena berhasil naik dua peringkat dibandingkan bulan sebelumnya. Dana kelolaan Manulife Dana Kas II Kelas A pada bulan lalu tercatat Rp3,95 triliun.

5. Bahana Dana Likuid Kelas G

Kemudian posisi kelima kembali ditempati Bahana Dana Likuid Kelas G, dengan dana kelolaan tercatat Rp3,93 triliun.

Perlu Kamu ketahui bahwa kelima reksadana pasar uang dengan dana kelolaan terbesar di Tanah Air tersebut tersedia di super app investasi Bareksa.​

Daftar 20 Reksadana Pasar Uang Dana Kelolaan Terbesar Mei 2024

Sumber: Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report May 024

Mandiri Money Market USD Naik Tertinggi

Adapun Mandiri Money Market USD tercatat sebagai produk reksadana pasar uang yang dana kelolaannya tumbuh paling besar, baik sepanjang tahun berjalan/YTD dan juga bulanan/MOM, yakni masing-masing naik mencapai 1.091% dan 99. Pertumbuhan kelolaan besar tersebut yang mengantarkanMandiri Money Market USD masuk dalam daftar 20 produk reksadana pasar uang dengan kelolaan terbesar pada Mei 2024, yakni mengisi posisi ke-13.

Selain Mandiri Money Market USD, produk reksadana pasar uang yang tumbuh paling besar secara YTD dan MOM, antara lain Manulife Dana Kas II Kelas A​​ (71% YTD dan 22% MOM), Bahana Gebyar Dana Likuid (65% YTD dan 18% MOM), Bahana Revolving Fund (55% YTD dan 11% MOM), dan BRI Seruni Pasar Uang II Kelas A (41% YTD dan 53% MOM).

Reksadana Pasar Uang Adalah

Reksadana pasar uang adalah reksadana yang menempatkan portofolionya ke dalam instrumen pasar uang seperti deposito, surat berharga atau surat utang dengan jatuh tempo kurang dari setahun. Reksadana pasar uang cocok untuk investor dengan profil risiko rendah dan untuk investasi jangka pendek.

Artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report May 2024. Untuk berlangganan laporan ini silakan hubungi marketing@bareksa.com (cc: data@bareksa.com).

Investasi Reksadana di Sini

(Reynaldi Gumay/Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana