5 Top Reksadana Indeks Juara Dana Kelolaan Terbesar April 2024

Martina Priyanti • 22 May 2024

an image
Ilustrasi manajer investasi sedang mengelola reksadana indeks yang digambarkan dengan grafik harga saham. (Shutterstock)

BNP Paribas Sri Kehati menempati posisi puncak produk reksadana indeks dengan dana kelolaan terbesar

Bareksa.com -​ Reksadana indeks atau index fund bisa dipertimbangkan bagi Kamu yang sedang mencari produk reksadana dengan pemilihan aset yang terukur. Bagaimana tidak, reksadana indeks merupakan reksadana yang mengacu pada sebuah indeks baik indeks saham maupun indeks obligasi, sehingga pergerakannya mirip dengan acuannya.

Nah, ulasan berikut bisa jadi bahan pertimbangan untuk menentukan produk reksadana indeks (index fund) mana yang akan dipilih. Dana kelolaan (asset under management/AUM) atau nilai aktiva bersih reksadana, bisa jadi salah satu indikator untuk pertimbangan. Sebab besarnya dana kelolaan reksadana mencerminkan kepercayaan investor untuk menaruh dana dalam suatu produk.

Berikut posisi 5 besar produk index fund berdasarkan dana kelolaan pada April 2024 :

1. BNP Paribas Sri Kehati

BNP Paribas Sri Kehati tercatat mengisi posisi puncak produk reksadana indeks dengan dana kelolaan terbesar pada bulan lalu. Dana kelolaan BNP Paribas Sri Kehati tercatat Rp3,23 triliun per akhir bulan lalu.

2. BNI AM Indeks IDX30
Sementara BNI AM Indeks IDX30 menempati posisi kedua, dengan kelolaan Rp1,43 triliun.

3. Panin IDX30 Kelas A
Di sisi lain Panin IDX30 Kelas A menempati posisi ketiga dengan kelolaan terbesar. Dana kelolaan Panin IDX30 Kelas A tercatat Rp1,38 triliun.

4. Syailendra MSCI Indonesia Value Fund Kelas A
Syailendra MSCI Indonesia Value Fund Kelas A dari Syailendra menempati peringkat keempat, dengan dana kelolaan Rp793,95 miliar.

5. BNP Paribas IDX30 Kelas IK1
Sementara BNP Paribas IDX30 Kelas IK1 dengan dana kelolaan terbesar kelima, yakni Rp520,68 miliar.

Top 20 Reksadana Indeks Dana Kelolaan Terbesar April 2024


Sumber : Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report April 2024

Tumbuh Tertinggi

Di sisi lain Eastspring IDX ESG Leaders Plus Kelas A, tercatat sebagai produk reksadana idneks dengan pertumbuhan kelolaan terbesar, yakni secara bulanan/MOM naik 79% dan sepanjang tahun berjalan/YTD tumbuh 273%.

Selain Eastspring IDX ESG Leaders Plus Kelas A, produk reksadana indeks yang tumbuh paling besar bulan lalu lainnya seperti BNP Paribas IDX Growth30 (33% MOM dan 213% YTD), dan Panin Sri Kehati Kelas A (122% MOM dan 108% YTD).

Artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report April 2024Untuk berlangganan laporan ini silakan hubungi marketing@bareksa.com (cc: data@bareksa.com).

Klik untuk Beli Reksadana Sekarang

(Reynaldi Gumay/Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana