5 Top Reksadana Saham Juara Dana Kelolaan Terbesar April 2024

Martina Priyanti • 17 May 2024

an image
Ilustrasi analis investor sedang menggunakan laptop untuk melihat grafik saham reksadana saham dan indeks untuk investasi. (Shutterstock)

Dana kelolaan reksadana saham secara industri pada April 2024 tercatat Rp97,8 triliun, minus 6,62% YTD

Bareksa.com - Bagi Kamu yang memiliki rencana investasi jangka panjang atau jika termasuk tipe investor agresif, bisa mempertimbangkan reksadana saham. Nah, berikut ulasan mengenai produk reksadana saham dengan kelolaan terbesar pada April 2024 yang bisa jadi bahan pertimbangan berinvestasi.

Adapun dana kelolaan reksadana saham pada bulan lalu atau April 2024 tercatat Rp97,8 triliun, minus 6,62% sepanjang tahun berjalan/YTD. Dalam periode sama, unit penyertaan reksadana saham tercatat 74,4 miliar unit, minus 2,94% YTD.

Sumber: Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report April 2024

Lebih lanjut bagi Kamu yang ingin memilih produk reksadana termasuk reksadana saham, selain mempertimbangkan reputasi manajer investasi, juga bisa memilih reksadana berdasarkan kinerja dan dana kelolaan. Dana kelolaan atau asset under management (AUM), bisa jadi satu indikator kepercayaan investor untuk menaruh dana dalam produk reksadana, meski tidak selalu mencerminkan kinerja reksadana.

Top 5 Reksadana Saham Terbesar

Menurut Laporan Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report April 2024, berikut daftar produk reksadana saham terbesar bulan lalu yang mungkin bisa jadi pertimbangan. Posisi puncak daftar 20 top produk reksadana saham dengan dana kelolaan terbesar pada akhir bulan lalu atau April 2024, masih ditempati Schroder Dana Prestasi Plus dari Schroders Indonesia. Pada posisi kedua, diisi Sucorinvest Equity Fund dari Sucor AM.

Kemudian, posisi ketiga ada Ashmore Dana Ekuitas Nusantara. Sementara posisi keempat dan kelima, diisi HPAM Smart Beta Ekuitas dan juga Ashmore Saham Sejahtera Nusantara.

Lebih lanjut daftar top 20 produk reksadana saham dengan kelolaan terbesar pada April 2024, terdapat dalam tabel di bawah ini. Informasi dalam tabel menunjukkan nilai dana kelolaan dalam denominasi rupiah, meski ada sejumlah reksadana saham yang berinvestasi dalam denominasi dolar AS.

Daftar 20 Produk Reksadana Saham dengan Kelolaan Terbesar April 2024


Sumber: Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market - Monthly Report April 2024

Reksadana Tumbuh Tertinggi

Adapun produk reksadana saham yang mencatat pertumbuhan kelolaan tertinggi pada April 2024, baik sepanjang tahun berjalan/YTD ada Sucorinvest Equity Fund (15%) dan Ashmore Dana Ekuitas Nusantara (14%).

Sementara secara bulanan/MOM, antara lain ada Ashmore Dana Ekuitas Nusantara dan HPAM Ekuitas Syariah Nusantara yang masing-masing kelolaannya naik 7%.

Reksadana Saham Adalah

Seperti dilansir dari laman resmi Schroders Indonesia, reksadana saham adalah reksadana yang berinvestasi minimum 80% di saham. Reksadana saham yang termasuk dalam reksadana terbuka ini merupakan reksadana yang memberikan potensi hasil investasi lebih tinggi dibandingkan ketiga jenis reksadana lainnya (reksadana pasar uangreksadana pendapatan tetap, dan reksadana campuran).

Dengan waktu bersamaan, potensi imbal hasil reksadana saham juga disertai dengan risiko yang lebih tinggi pula. Reksadana saham sesuai untuk investor yang memiliki profil risiko agresif untuk tujuan jangka panjang, lebih dari 5 tahun.

Racikan portofolio saham di dalam reksadana saham bisa bermacam-macam. Misalnya, reksadana saham big cap berinvestasi mayoritas di saham berkapitalisasi besar di bursa atau, reksadana saham small-mid cap berinvestasi mayoritas di saham-saham berkapitalisasi kecil-menengah di bursa.

Artikel ini merupakan cuplikan dari laporan bulanan industri reksadana Bareksa Mutual Fund Industry, Data Market – Monthly Report April 2024Untuk berlangganan laporan ini silakan hubungi marketing@bareksa.com (cc: data@bareksa.com).

Klik untuk Beli Reksadana Sekarang

(Reynaldi Gumay/Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.