Ingin Travelling ke Essaouira Lokasi Syuting John Wick 3? Nabung di Reksadana

Bareksa • 17 May 2019

an image
Salah satu poster film John Wick: Chapter 3 - Parabellum (sumber : akun Twitter resmi @JohnWickMovie)

Dengan membayar 20 dirham Anda bisa mengelilingi pantai Essaouira ini dengan menaiki unta

Bareksa.com - John Wick Chapter 3: Parabellum merajai bioskop pekan ini. Tayang perdana Rabu (15/05/2019), John Wick 3 disambut publik.  Film yang dibintangi Keanu Reeves tersebut langsung mendapat respons positif dari situs film terkemuka Internet Movie Data Base (IMDB).

Tidak tanggung-tanggung, film tersebut mendapat nilai 8,9. Keesokan harinya, jumlah layar John Wick 3 ditambah menjadi 450. Sejumlah pemerhati film menyebut John Wick 3 lebih baik daripada dua pendahulunya.

Nilai 8,9 sangat bagus untuk ukuran film aksi, mengingat yang biasanya mendapat nilai 8 ke atas adalah film-film drama serius. Film ini juga dinilai tinggi oleh Rotten Tomatoes sebesar 95 persen.

John Wick 3 merupakan seri ketiga dari film tentang pembunuh bayaran, yang di film ini gantian sang pembunuh bayaran dikejar-kejar dengan hadiah US$14 juta.

Meledaknya John Wick Chapter 3: Parabellum dilatari sejumlah faktor. Selain cerita dan koreografi aksi yang lebih memukau, film ini menampilkan lebih banyak pemain papan atas di antaranya Halle Berry dan bintang laga era 1990-an Mark Dacascos.

Masyarakat Indonesia juga merasa lebih dekat dengan film ini lantaran ada 2 aktor Indonesia yang direkrut untuk melawan Keanu Reeves, yakni Cecep Arif Rahman dan Yayan Ruhian. Tidak tanggung-tanggung, Kedua aktor tersebut juga mendapat porsi berdialog Bahasa Indonesia.

Di sisi lain, ada hal menarik dalam proses shooting film John Wick 3, di mana pada Saat syuting di kawasan Essaouira, Maroko, set untuk pengambilan gambar sempat dikepung kawanan kucing liar.

Kru terpaksa membangun dinding-dinding sangkar untuk mengungsikan sementara kucing-kucing liar tersebut sekaligus agar tidak mengalihkan perhatian anjing-anjing yang terlibat dalam produksi.

Beriwasata ke Essaouira

Sebagai informasi, Essaouira merupakan sebuah kota yang terletak di wilayah ekonomi Marrakech-Tensift-Al Haouz, Maroko barat. Kota ini terletak di pesisir Samudra Atlantik. Kota ini menawarkan keindahan alam yang sejuk dan dihiasi dengan peninggalan-peninggalan kuno bersejarah.

Di samping itu, kota kecil ini juga ramai dengan industri perikanan, di sepanjang pantai ini juga terdapat restoran dan hotel yang siap melayani wisatawan yang datang untuk bersantai di pantai atau melakukan kegiatan kite surfing dan wind surfing.


Pantai Essaouira, sebelumnya bernama Magador, terletak di sebelah barat Maroko, pesisir Atlantik. (Sumber : Wikipedia)

Dengan membayar 20 dirham Anda bisa mengelilingi pantai Essaouira ini dengan menaiki unta. Kota yang terletak disebelah Samudera Atlantik, pantai barat Maroko ini, juga menawarkan beberapa outlet spa air laut serta pemandangan matahari terbenam yang spektakuler.

Di antara wisata yang memiliki daya tarik terbesar adalah wisata memancing dan wisata kulinernya dengan jejeran restoran terbuka di tepi dermaga.

Hal lain yang menarik dari kota kecil nan unik ini, selain aktivitas para nelayannya dengan perahu-perahu kecil berwarna biru, geromboloan burung pelikan yang memadati benteng dan berebutan mendapat lemparan ikan dari para nelayan menjadi pemandangan yang mengasyikan tatkala sore hari.

Apakah Anda, para traveler, tertarik untuk mencoba berkunjung ke sana?

Berdasarkan situs tripadvisor.com, berikut beberapa rincian dana yang kira-kira dibutuhkan untuk berlibur ke sana :

- Tiket pesawat terbang kelas ekonomi dari Jakarta ke Essaouira dengan dua kali transit untuk pergi pulang sekitar Rp25 juta
- Hotel Les Matins Bleus yang berjarak hanya 100 meter dari pusat kota, untuk biaya penginapan tiga malam sekitar Rp2 juta.
- Asumsikan kita membutuhkan uang saku untuk berbagai keperluan di sana sekitar Rp5 juta

Dengan perhitungan itu, kurang lebih uang yang perlu kita persiapkan untuk dapat berlibur ke Essaouira paling tidak sekitar Rp32 juta. Jumlah itu cukup besar jika kita tidak memiliki tabungan serta mempersiapkannya dari jauh-jauh hari.

Simulasi Investasi Reksadana

Kita dapat mencoba dengan cara menyisihkan uang untuk diinvestasikan ke dalam instrumen reksadana campuran agar uang kita dapat bertumbuh lebih cepat dibandingkan dengan hanya menabung di bank. Di samping mampu memberikan imbal hasil yang cukup tinggi, reksadana campuran juga memiliki risiko yang tergolong moderat. Berikut simulasinya:


Sumber: Bareksa

Katakan kita mampu menyisihkan uang secara rutin setiap bulan sebesar Rp700 ribu atau skitar Rp23 ribu per hari selama tiga tahun kemudian diinvestasikan ke dalam reksadana campuran Shinhan Balance Fund yang dikelola oleh PT Shinhan Asset Management. Hasil menabung rutin tersebut akan tampak seperti pada tabel berikut.


Sumber: Bareksa

Berdasarkan simulasi tersebut dapat dilihat bahwa uang pokok yang berhasil kita kumpulkan selama tiga tahun Rp25,9 juta. Kemudian, ditambah dengan pertumbuhan dana investasi sekitar Rp6,96 juta atau uang kita telah tumbuh 26,87 persen.

Sehingga total uang yang kita peroleh sekitar Rp32,86 juta. Dengan demikian uang yang kita kumpulkan telah mampu mencukupi keinginan untuk berlibur ke Essaouira.

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Sementara itu, reksadana campuran sendiri merupakan jenis reksadana yang mengalokasikan portofolionya ke berbagai aset keuangan seperti saham, obligasi dan pasar uang yang komposisinya sangat fleksibel.

Reksadana campuran merupakan pilihan cocok bagi investor dengan profil risiko moderat hingga tinggi, dan lebih optimal untuk investasi dalam jangka menengah hingga panjang (3-5 tahun). Untuk kenyamanan berinvestasi, pastikan dulu tujuan keuangan dan profil risiko Anda.

Perlu diketahui, reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

(KA01/AM)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.