Tips Menabung Rp11.600 per Hari di Reksadana untuk Membeli Skateboard Elektrik

Bareksa • 01 Aug 2018

an image
Ilustrasi papan luncur (skateboard) elektrik. (Sumber : Amazon.com)

Harga sebuah skateboard elektrik bernama Boosted Dual+ 2000W Electric Skateboard dibanderol sekitar US$1.100

Bareksa.com - Bagi anda anak muda yang senang dengan olahraga ekstrim, mungkin tidak asing lagi dengan skateboard (papan luncur). Secara harfiah, skateboard adalah sebuah papan yang memiliki empat roda dan digunakan untuk aktivitas meluncur. Papan ini memiliki tenaga yang dipacu dengan mendorong menggunakan satu kaki sementara kaki yang satunya berada di atas papan.

Olahraga ekstrim yang menggunakan papan luncur sebagai medianya ini memang sangat digemari di seantero dunia karena selain sebagai olahraga, juga mungkin sudah menjadi gaya hidup (lifestyle) bagi sebagian besar kaum muda.

Aksi-aksi yang dikenal memacu adrenalin karena harus bermain dengan trik-trik berbahaya justru menjadi magnet kuat bagi para anak muda untuk kemudian lebih mendalami lagi olahraga ekstrim yang satu ini.

Pada awalnya skateboard diciptakan oleh para peselancar yang harus terus berlatih sedangkan kondisi ombak sedang buruk dan tidak memungkinkan untuk digunakan, sehingga mereka mencari alternatif agar terus bisa berlatih meskipun harus di darat sekalipun.

Karena itu skateboard juga dikenal dengan istilah trotoar surfing. Pada awalnya papan yang digunakan juga terbilang sangat sederhana, yakni hanya dengan menggunakan papan yang diberi ban roller skate sehingga bisa meluncur.

Pada perkembangannya papan skate kemudian dibuat lebih mutakhir dengan ban dan deck yang lebih terukur sehingga memungkinkan para pemainnya untuk melakukan trik-trik permainan secara lebih leluasa.

Perkembangan teknologi yang kian hari menghadirkan sebuah inovasi yang semakin memudahkan manusia, turut mempengaruhi model skateboard yang kini beredar di kalangan para penggemarnya yaitu dengan munculnya skateboard elektrik.

Dengan dukungan mesin, skateboard elektrik memungkinkan Anda meluncur tanpa repot-repot mengayuh. Saat ini, tersedia cukup banyak banyak pilihan produk, masing-masing menawarkan fitur unik – dari mulai struktur modular, hingga kemampuan menjelajahi segala medan. Tapi mereka punya satu kekurangan serupa yakni harganya relatif mahal.

Dilansir dari situs amazon.com, harga sebuah skateboard elektrik bernama Boosted Dual+ 2000W Electric Skateboard dibanderol sekitar US$1.100 per unitnya. Jika kita konversikan ke rupiah dengan asumsi US$1 setara Rp14.300, maka harga papan luncur tersebut berkisar Rp15,7 juta per unit.

Beberapa keunggulan skateboard elektrik tersebut antara lain :

• Akselerasi seperti mobil sport. Kekuatan 2.000 watt yang revolusioner memberikan pengalaman berkendara yang benar-benar baru. Satu-satunya sistem penggerak ganda di dunia memungkinkan Anda mempercepat laju ketika menaiki tanjakan dan mengerem sampai berhenti total dalam perjalanan kembali ke bawah.

• Lebih mudah untuk belajar. Perangkat lunak canggih memberikan daya dan tingkat kecepatan yang dapat disesuaikan untuk semua tingkat keterampilan. Lulus ke tingkat kinerja tertinggi.

• Ukiran seperti papan salju sungguhan, yakni berasa mengendarai papan bambu 100 persen dengan kualitas terbaik dengan fleksibilitas dek yang tepat. Pengguna bisa mendapatkan pengalaman lebih baik, kualitas kendara, dan kemampuan manuver. Snowboarder, pemain ski, peselancar layang, dan peselancar akan bersukacita dengan hadirnya skateboard ini.

• Diproduksi di California dengan konstruksi berkualitas tinggi. Skateboard ini menggunakan baterai kelas aerospace, logam mesin, dan komposit sebagai pengganti plastik murah.

Bagi Anda para penggemar olah raga ekstrem atau Anda yang baru tertarik untuk mencoba, berminat untuk memiliki produk tersebut namun belum cukup mempunyai tabungan untuk membelinya?

Tidak perlu khawatir, Anda dapat mencoba sebuah teknik sederhana dengan rutin menginvestasikan uang Anda ke produk keuangan yaitu reksadana campuran yang memberikan imbal hasil (return) cukup menarik dengan risiko sedang (moderat).

Simulasi Investasi Reksadana


Sumber : Bareksa

Katakan Anda mampu menyisihkan uang Rp350 ribu setiap bulannya atau Rp11.667 per hari selama tiga tahun yang kemudian diinvestasikan ke dalam produk reksadana campuranTRIM Kombinasi 2. Reksadana ini dikelola oleh PT Trimegah Asset Management. Maka hasilnya akan tampak pada tabel berikut :

Simulasi Hasil Investasi Reksadana


Sumber : Bareksa

Uang pokok yang berhasil Anda kumpulkan selama tiga tahun Rp12,95 juta. Kemudian uang Anda berhasil tumbuh Rp2,84 juta (21,97 persen), sehingga total uang Anda menjadi Rp15,79 juta.

Alhasil uang yang berhasil Anda simpan dan diinvestasikan ke dalam reksadana campuran telah mencukupi keinginan anda untuk membeli skateboard tadi.

Dengan demikian reksa dana campuran telah terbukti mampu memberikan imbal hasil yang menarik dalam jangka menengah untuk membantu pertumbuhan dana Anda, tertarik untuk mencoba?

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Simak ulasan tips untuk memaksimalkan keuntungan berinvestasi di reksadana : Tips Menabung di Reksadana Agar Tujuan Investasi Dapat Tercapai

(AM)

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.