Investor Pemula Paling Cocok Menabung di Reksa Dana Pasar Uang

Bareksa • 13 Jun 2017

an image
Direktur Sales Mandiri Manajemen Investasi Endang Astharanti berbicara di depan wartawan di sela-sela peluncuran Reksa Dana Syariah Mandiri Bukareksa Pasar Uang di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta 11 April 2017.

Salah satu yang bisa dipilih adalah reksa dana Mandiri Investa Pasar Uang (MIPU)

Bareksa.com – Reksa dana menjadi pilihan tepat bagi masyarakat yang baru memulai berinvestasi di pasar modal. Bahkan, ada reksa dana yang memang ditujukan bagi kalangan investor pemula ini sesuai dengan karakternya.

Direktur Marketing PT Mandiri Manajemen Investasi (MMI), Endang Astharanti menerangkan, reksa dana yang cocok untuk investor pemula adalah reksa dana pasar uang. “Karena karakternya konservatif, low risk, dan volatilitas tidak tinggi,” tutur wanita yang biasa disapa Asti kepada Bareksa, Selasa, 13 Juni 2017.

Reksa dana pasar uang, lanjut Asti, juga bisa dimanfaatkan untuk berinvestasi dari hasil uang tunjangan hari raya (THR). Reksa dana pasar uang sangat likuid dan bisa keluar masuk kapan saja, pada saat dibutuhkan.

Nah, MMI pun punya produk unggulan reksa dana pasar uang. “Flagship produk reksa dana pasar uang MMI adalah reksa dana Mandiri Investa Pasar Uang (MIPU), memberikan potensi return yang menarik di atas rata-rata deposito, likuid, dan kualitas aset yang bagus,” kata Asti.

Reksa dana MIPU ini tersedia di Marketplace Reksa Dana Bareksa. Dalam satu tahun terakhir, reksa dana ini mampu menghasilkan return 5,7 persen, sementara secara year to date hingga 12 Juni 2017 memberi return 2,44 persen.

Grafik: Pergerakan Return Mandiri Investa Pasar Uang Periode 30 Desember 2016 – 12 Juni 2017

Sumber: Bareksa.com

Sekadar informasi, reksa dana MIPU diluncurkan pada 24 September 2004. Hingga Mei 2017, MMI sudah menjual 4,57 miliar unit dengan dana kelolaan Rp 5,93 triliun. Adapun alokasi aset reksa dana MIPU terdiri dari obligasi 65,62 persen dan pasar uang 34,38 persen.

Selain reksa dana MIPU, MMI juga sedang gencar menawarkan reksa dana Mandiri Global Syariah Equity Dollar. “Ini merupakan reksa dana saham yang berinvestasi di pasar global (offshore) dengan denominasi dolar Amerika Serikat. Reksa dana ini memiliki benefit untuk diversifikasi portfolio investor baik dari sisi pasar maupun currency,” ungkap Asti.