Kinerja Cemerlang & Risiko Minim, MNC Dana Syariah Layak Jadi Pilihan Investasi

Bareksa • 09 Jun 2017

an image
Booth MNC Asset Management di Pekan Reksa Dana, Bursa Efek Indonesia, Jumat 29 Januari 2016. (Bareksa/Alfin Tofler)

Reksa dana berbasis syariah ini dalam setahun terakhir mampu menghasilkan return hampir 2 kali lipat benchmarknya

Bareksa.com – Memiliki kinerja baik dalam menghasilkan potensi keuntungan dan risiko, tentunya turut menjadikan suatu produk reksa dana sebagai pilihan bagi investor. Hal ini seperti salah satu produk reksa dana yang tersedia di Marketplace Reksa Dana Bareksa, yaitu reksa dana MNC Dana Syariah.  

Kinerja reksa dana jenis pendapatan tetap berbasis syariah yang di kelola oleh PT MNC Asset Management ini terbilang cukup cemerlang. Pada barometer bareksa, reksa dana inipun mendapat penilaian skor 4 dari skala 5 yang berarti kinerja reksa dana ini cukup konsisten. Konsistensi return reksa dana ini menjadi salah satu pengukuran barometer bareksa

Seperti yang tampak pada grafik, return yang dicapai MNC Dana Syariah dalam setahun terakhir sebesar 7,3 persen. Hasil ini hampir 2 kali lipat dari indeks reksa dana pendapatan tetap syairah yang hanya menghasilkan return 4,5 persen di periode yang sama. 

Grafik: Perbandingan Return Reksa Dana MNC Dana Syariah, Periode 1 Tahun Terakhir

Sumber: Bareksa.com 

Kemudian, dalam beberapa periode seperti data 3 tahun dan 5 tahun terakhir, reksa dana yang diluncurkan pada Juni 2006 ini menghasilkan return 26,25 persen dan 39,27 persen. Bahkan, reksa dana ini juga tercatat mampun menghasilkan return 129,79 persen sejak awal peluncurannya hingga saat ini (per 8 Juni 2017).

Tabel: Performance Reksa Dana MNC Dana Syariah 

Sumber: Bareksa.com 

Dengan kinerja yang baik, risiko dari MNC Dana Syariah inipun tergolong relatif rendah. Nilai standar deviasi, yang menggambarkan risiko keseluruhan dari reksa dana hanya sebesar 0,0023. Sementara, nilai risiko dari reksa dana sejenis secara keseluruhan yang berada pada rentang 0,0136 – 0,0138 (berdasarkan perhitungan Matriks Reksa Dana Bareksa). 

Berdasarkan fund fact sheet pada April 2017, reksa dana ini menempatkan sebagian besar asetnya pada aset syariah yang berisiko minim seperti obligasi syariah (sukuk) syariah dan deposito syariah. Sehingga hal inilah yang membuat pergerakan aset reksa dana ini relatif stabil dan meningkat seperti yang ditunjukkan pada grafik di atas. 

Reksa dana ini, dapat menjadi pilihan alternatif dalam berinvestasi bagi investor pemula hingga moderat yang masih belum siap menerima risiko fluktuasi pasar keuangan yang tinggi. Namun, di sisi lain menginginkan pertumbuhan aset yang lebih besar dari bunga deposito atau tabungan biasa. Sebagai catatan, sebelum memilih produk investasi reksa dana ini, ada baiknya investor harus menyesuaikannya dengan tujuan dan profil risiko masing-masing terlebih dahulu. 

**

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana..