Untung Lebih Besar, 2 Reksa Dana Pendapatan Tetap MNC Berisiko Minim

Bareksa • 17 May 2017

an image
Booth MNC Asset Management di Pekan Reksa Dana, Bursa Efek Indonesia, Jumat 29 Januari 2016. (Bareksa/Alfin Tofler)

Sama seperti pergerakan reksa dana pasar uang, produk ini bisa menjadi pilihan investor yang berprofil risiko rendah.

Bareksa.com – Reksa dana pendapatan tetap bisa menjadi salah satu alternatif bagi investor yang memiliki visi keuangan jangka menengah (satu hingga tiga tahun). Reksa dana jenis ini memiliki risiko relatif rendah tetapi memiliki potensi keuntungan yang cukup besar, dibandingkan dengan instrumen keuangan seperti deposito bank. Reksa dana pendapatan tetap juga terbilang stabil mirip dengan reksa dana pasar uang tetapi berpotensi memberi keuntungan lebih besar.

Contoh produk reksa dana pendapatan tetap yang berkinerja cukup baik adalah yang dikelola PT MNC Asset Management, yakni MNC Dana Syariah dan MNC Dana Likuid. Keduanya dalam sebulan terakhir ini tercatat mampu menghasilkan keuntungan (return) 0,60 persen dan 0,59 persen. Sementara itu, indeks reksa dana pendapatan tetap yang menjadi benchmark hanya memberikan 0,34 persen saja di periode yang sama. 

Grafik: Perbandingan Return MNC Dana Syariah dan MNC Dana Likuid dengan Benchmark, Periode 1 Bulan Terakhir

Sumber: Bareksa.com 

Seperti terlihat dalam grafik di atas, indeks reksa dana pendapatan tetap (garis oranye) sempat mengalami penurunan cukup signifkan pada tanggal 12 Mei 2017. Namun, hal tersebut tidak turut terjadi pada reksa dana MNC Dana Syariah dan MNC Dana Likuid. Justru return keduanya tetap bergerak stabil seperti pergerakan indeks reksa dana pasar uang (garis biru) yang berada di bawahnya.

Berdasarkan data Marketplace Reksa Dana Bareksa, reksa dana MNC Dana Syariah dan MNC Dana Likuid termasuk ke dalam lima besar reksa dana pendapatan tetap yang menghasilkan return tertinggi dalam sebulan ini. Namun, diantara yang lain, kedua reksa dana ini memiliki nilai risiko terendah dengan masing-masing sebesar 0,0022 dan 0,0035. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel dibawah ini. 

Tabel: Daftar Reksa Dana Pendapatan Tetap di Marketplace Bareksa

Sumber: Bareksa.com 

Pada reksa dana MNC Dana Syariah, mayoritas aset ditempatkan pada kas dan deposito syairah dengan porsi 67 persen dari total aset dan sisanya pada obligasi syariah korporasi. Sementara itu, reksa dana MNC Dana Likuid, menempatkan sebagian besar asetnya pada obligasi korporasi dengan porsi mencapai 75,73 persen dari total asetnya. 

Dengan menempatkan deposito dan obligasi korporasi dalam pengelolaan portofolio mereka, kedua reksa dana ini mampu menghasilkan kinerja (performance) yang stabil dan tingkat pengembalian yang menarik dengan risiko yang serendah-rendahnya. Hal ini pun sesuai dengan tujuan investasi yang tercantum pada fund fact sheet keduanya.

Kedua produk ini dapat menjadi alternatif pilihan investasi dalam jangka menengah hingga panjang yang menarik bagi investor berprofil risiko konservatif, yakni mereka yang menginginkan pertumbuhan aset stabil dengan risiko yang relatif aman (risk averse). Namun, perlu diingat, sebaiknya setiap investor dapat memahami dan membaca isi prospektus reksa dana terlebih dahulu agar dapat lebih mengenali produk investasi yang akan dipilihnya. (hm)

***

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksa dana, klik tautan ini
- Pilih reksa dana, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana..