6 Reksa Dana Syariah Ini Hasilkan Return Lebih Dari LQ45

Bareksa • 05 Dec 2014

an image
Reksadana saham syariah (4 Desember 2014)

IHSG dan LQ45 masing-masing memberikan return 21,13% dan 25,46%

Bareksa.com - Siapa bilang reksa dana syariah tidak bisa memberikan bagi hasil yang lebih besar dibandingkan dengan membeli saham secara langsung.

Sepanjang periode year to date dari data Bareksa terdapat enam produk reksa dana syariah yang memperoleh return bahkan di atas 45 saham terlikuid di Bursa yang tercermin dari pergerakan LQ45.

Menempati posisi return tertinggi untuk reksa dana saham syariah ditempati oleh produk SAM Sharia Equity Fund dengan return 29,45 persen.

Lalu return terbesar kedua dipegang oleh Mandiri Investa Ekuitas Syariah dengan return 29,03 persen.

Dan diikuti oleh CIMB-Principal Islamic Equity Growth Syariah dengan perolehan return 28,1 persen.

Padahal jika kita melihat dari pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Indeks LQ45 dan Indeks Jakarta Islamic Indeks (JII) periode year-to-date, justru kinerja indeks JII hanya 17,36 persen berada dibawah IHSG dan LQ45 yang masing-masing memberikan return 21,13 persen dan 25,46 persen.

Grafik. Pergerakan IHSG, LQ45 dan JII periode year-to-date (YTD)

Sumber: Bareksa.com

Dari 19 produk reksa dana saham syariah yang aktif, 10 diantaranya memberikan return yang melebihi return yang dihasilkan oleh Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Artinya jika kita menanamkan uang pada investasi syariah di 10 reksa dana saham syariah tersebut pada awal Januari lalu, maka nilai uang kita saat ini lebih tinggi ketimbang dibelikan seluruh saham di Bursa Efek Indonesia sesuai dengan bobot IHSG.

Tebel. Perkembangan kinerja reksa dana saham syariah

Sumber: Bareksa.com