Indika Resmi Kuasai 91 Persen Kideco, Saham INDY Meroket

Bareksa • 11 Dec 2017

an image
Pengujung melintas di depan tampilan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Sementara itu, Samtan mempertahankan kepemilikan sebesar 9 persen saham di Kideco

Bareksa.com - PT Indika Energy Tbk (INDY) akhirnya resmi menguasai 91 persen saham PT Kideco Jaya Agung usai menggelontorkan US$517,5 juta ke Samtan Co Ltd. dan PT Muji Inti Utama.

Mengutip keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Direktur Indika Energy Azis Armand mengungkapkan perseroan bersama anak perusahaan yakni PT Indika Inti Corpindo pada 8 Desember 2017 telah berhasil menuntaskan transaksi pembelian tambahan 45 persen saham Kideco dari Samtan Co. Ltd sebesar 40 persen dan PT Muji Inti Utama sebanyak 5 persen.

Indika Energy resmi menjadi pemegang saham mayoritas di Kideco dengan kepemilikan 91 persen setelah sebelumnya telah melakukan pembelian saham Kideco dengan jumlah 55 persen pada tanggal 25 September 2017 dan keterbukaan informasi tambahan pada tanggal 31 Oktober 2017. Sementara itu, Samtan mempertahankan kepemilikan sebesar 9 persen saham di Kideco.

Grafik : Pergerakan Intraday saham INDY

Sumber : Bareksa.com

Hingga pukul 09.56 WIB hari ini 11 Desember 2017, saham INDY menguat 7 persen menjadi Rp2.740 per lembar dari harga penutupan sebelumnya Rp2.560. Adapun broker Mirae Asset Sekuritas (YP) menjadi broker dengan pembelian sekaligus penjualan terbesar.

Azis Armand juga mengapresiasi dukungan pemerintah melalui Kementerian ESDM dan Badan Koordinasi Penanman Modal (BPKM) sehingga proses akuisisi ini dapat berjalan seperti yang diharapkan. (Baca : Deutsche Bank Rekomendasi Saham INDY Rp5.000, Apa Alasannya?)

Seluruh kondisi yang ada dalam persyaratan pembelian saham, mulai dari persetujuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atas perubahan kepemilikan saham, persetujuan BKPM berupa izin prinsip perubahan penanaman modal asing dan seluruh kondisi prasyarat administratif lainnya telah terpenuhi sepenuhnya. (hm)