Sempat Meroket Jadi Rp770, Harga Saham RIMO Rontok 13 Persen Hanya dalam 3 Menit

Bareksa • 26 Oct 2017

an image
Ilustrasi harga saham di bursa turun. Copyright: <a href='http://www.123rf.com/profile_lovegtrv6'>lovegtrv6 / 123RF Stock Photo</a>

Harga saham RIMO naik 56 persen dalam sebulan terakhir

Bareksa.com – Harga saham PT Rimo International Lestari Tbk (RIMO) menjadi perhatian para pelaku pasar dalam beberapa bulan terakhir. Menurut data Bareksa, harga saham RIMO meroket hingga 56 persen dari Rp426 pada 25 September 2017 dan sempat menyentuh level tertingginya pada perdagangan hari ini Rp770 (26/10) sebelum akhirnya turun hingga Rp660 jeda sesi I perdagangan hari ini.

Sebelumnya, perusahaan yang mengubah fokus lini bisnis ke properti ini melakukan penerbitan saham baru (rights issue) dengan target raihan dana hingga Rp8,1 triliun. Aksi korporasi tersebut berpotensi menjadi sebuah backdoor listing karena dananya akan digunakan untuk mengakuisisi perusahaan properti yang asetnya lebih besar dari milik perseroan yakni PT Hokindo Meditama sebanyak 99 persen. (Baca : Ramai Ditransaksikan Kemarin, Ini Analisa Fundamental dan Teknikal Saham RIMO)

Grafik : Pergerakan Pertumbuhan Saham RIMO Sebulan Terakhir

Sumber : Bareksa.com

Pada perdagangan hari ini saham RIMO menyentuh Rp770 sebagai level tertinggi dalam sebulan terakhir. Namun, hanya dalam 3 menit saham RIMO amblas 13 persen dari pukul 10.17 menjadi Rp670 per saham pada pukul 10.20.

Grafik : Pergerakan Intraday RIMO

Sumber : Bareksa,com

Mengacu data tersebut, telah terjadi tekanan jual yang terbilang masif pada 3 menit. Broker NH Korindo Sekuritas (XA) menjadi broker dengan pembeli sekaligus penjual terbesar di saham ini hingga penutupan jeda di sesi I. (Lihat : Kurangi Kepemilikan di Saham RIMO, Benny Tjokro Kantongi Rp 2,4 Triliun?)

Adapun transaksi saham RIMO di sesi I Rp188,2 miliar atau setara dengan 5,45 persen transaksi bursa yang mencapai Rp3,45 triliun. (AM)