Berita / / Artikel

Dalam 3 Hari Asing Net Buy Rp13,9 Miliar, MEDC Menguat 9,8% di Akhir Pekan

• 08 Apr 2017

an image
Pria melintasi layar elektronik yang menampilkan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Plaza Mandiri, Jakarta. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Menariknya, ada 3 broker asing yang berada dalam posisi beli bersih (net buy) pada perdagangan hari ini

Bareksa.com – Saham PT Medco Energy Internasional Tbk (MEDC) ditutup menguat hingga 9,8 persen di akhir pekan. Saham emiten minyak dan gas milik Arifin Panigoro ini pun menjadi incaran investor asing.

Pada hari ini 7 April 2017, saham MEDC ditutup di level Rp3.460 per lembar dengan total transaksi sebesar Rp81,4 miliar. Meski dalam dua hari sebelumnya, saham MEDC telah melemah sekitar 5,5 persen, investor asing justru terus mengakumulasikan pembelian. Tercatat dalam tiga hari perdagangan terakhir, total net buy asing mencapai Rp13,9 miliar.

Grafik : Pergerakan Intraday MEDC

 

Sumber : Bareksa.com

Apabila menilik transaksi perdagangan pada hari ini saja, tercatat ada tiga broker asing yang masih berada dalam posisi beli bersih (net buy). Deutsche Sekuritas Indonesia (DB) tercatat sebagai broker pembeli bersih terbesar pada hari ini. Broker yang berpusat di Jerman itu terlihat membeli saham MEDC sebanyak 11.507 lot dengan harga rata-rata pembelian Rp3.352,5 atau membukukan transaksi pembelian MEDC sebesar Rp3,8 miliar dan tidak melakukan penjualan sama sekali.

Selanjutnya broker terbesar kedua yang memborong saham MEDC ialah PT RHB Securities Indonesia (DR). Perusahaan yang berpusat di Malaysia itu membukukan pembelian bersih sebanyak 10.573 lot di harga rata-rata Rp3.338,48 senilai Rp3,53 miliar.

Adapun broker asing ketiga yang melakukan pembelian bersih terhadap saham MEDC ialah PT UOB Kay Hian Sekuritas (AI). AI yang berpusat di Singapura ini melakukan pembelian bersih sebanyak 7.562 lot di harga rata-rata Rp3.297,53 senilai Rp2,5 miliar.

Sehingga, jika 3 transaksi pembelian bersih broker asing tersebut dijumlah, maka akan menjadi Rp9,83 miliar atau setara dengan 12 persen transaksi MEDC pada hari ini. (hm)

Tags: