IHSG Naik Tipis, 5 Saham Ini Paling Banyak Ditransaksikan

Bareksa • 15 Dec 2015

an image
Seorang karyawan mengamati pergerakan angka Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta - (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

MYRX menjuarai volume perdagangan sebesar 171 juta lembar, dengan nilai transaksi Rp105 miliar

Bareksa.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hingga pukul 10.20 bergerak naik 0,15 persen menjadi 4.381.556 dari sebelumnya 4.370.101. Naiknya IHSG seiring dengan ramainya sejumlah saham yang ditransaksikan.

Berdasarkan volume transaksi, ada lima saham  paling banyak ditransaksikan oleh investor pagi ini (Selasa,15 Desember 2015). Saham-saham itu adalah  PT Hanson International Tbk (MYRX), PT Sugih Energy Tbk (SUGI), PT Eureka Prima Jakarta Tbk (LCGP), PT SMR Utama Tbk (SMRU), PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL).

Tabel : Saham dengan Volume Transaksi Terbanyak

Sumber: Bareksa.com

MYRX  terpantau menjuarai nilai transaksi sekaligus volume perdagangan pagi ini dengan jumlah saham berpindah tangan mencapai 171 juta lembar dan nilai transaksinya mencapai Rp105 miliar.

Dalam transaksi MYRX, NH Korindo (XA) tercatat sebagai pemborong terbesar dengan membeli saham sebanyak 19,5 juta lembar senilai Rp12 miliar pada harga rata-rata Rp615,6 per saham.

Sementara pembeli terbesar berikutnya adalah Bosowa Sekuritas (SA) dengan jumlah saham yang dibeli mencapai Rp9,4 miliar, pada harga rata-rata saham Rp615 per saham

Harga saham MYRX juga naik sebesar 1,6 persen menjadi Rp620 dari sebelumnya Rp610

Grafik: Pergerakan Harga Saham MYRX Secara Intraday

Sumber: Bareksa.com

Di posisi kedua SUGI juga banyak ditransaksikan dengan  volume perdagangan mencapai 57 juta lembar senilai Rp22miliar.

Tapi harga saham SUGI tidak mengalami perubahan dan tetap berada di level Rp378. Millenium Danatama Sekuritas (SM) tercatat sebagai pembeli terbesar dengan memborong saham sebanyak 25 juta lembar senilai Rp8,4 miliar pada harga rata-rata Rp378per saham.

Grafik: Pergerakan Harga Saham SUGI Secara Intraday

Sumber: Bareksa.com

 

Selain SM, Prime Capital Securities (QA) juga tercatat membeli 8 juta lembar saham dengan nilai transaksi mencapai Rp3 miliar.