Pertumbuhan Ekonomi Q3 Diperkirakan Melambat Jadi 5%: Kontan

Bareksa • 05 Nov 2014

an image
Menteri Keuangan Chatib Basri menilai kondisi perekonomian Amerika Serikat yang belum membaik adalah salah satu faktor eksternal - (Antaranews.com/Dhoni Setiawan)

Perlambatan ekonomi disebabkan lesunya kinerja ekspor dan realisasi belanja negara yang rendah

Bareksa.com - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan III-2014 akan diumumkan hari ini. Tampaknya, pertumbuhan ekonomi di triwulan III hanya tumbuh 5 persen atau lebih rendah dibandingkan triwulan II yang tercatat 5,1 persen.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan perlambatan ekonomi di triwulan III disebabkan oleh sejumlah faktor. Pertama, kinerja ekspor yang masih lesu karena harga komoditi ekspor andalan Indonesia di pasar internasional terus merosot. Kedua, realisasi belanja negara yang rendah. "Belanja pemerintah belum bergerak. Pada triwulan IV baru terlihat," ujar Bambang.

Sementara itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo berpendapat konsumsi pemerintah belum bisa diharapkan mendongkrak pertumbuhan ekonomi karena ekspansi keuangan yang bisa dilakukan pemerintah masih terbatas lantaran masih fokus menyelamatkan defisit fiskal akibat beban subsidi energi. (qs)


Kontan, hal 19.