Begini Prediksi Harga Emas Jika The Fed Stop Kenaikan Agresif Suku Bunga Acuan

Abdul Malik • 24 Oct 2022

an image
Ilustrasi harga emas logam mulia yang sangat terpengaruh oleh kebijakan Bank Sentral AS, The Fed dan fluktuasi dolar AS. (Shutterstock)

Investasi emas sebaiknya ditujukan untuk rencana jangka panjang atau setidaknya 5 tahun

Bareksa.com - Harga emas diprediksi bisa memanas, jika Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The Fed) berhenti atau stop mengerek suku bunga acuannya secara agresif. Proyeksi ini menyusul terungkapnya di dalam internal pimpinan The Fed ada dua kubu yang berbeda pendapat, antara yang setuju kebijakan moneter ketat terus berlanjut, dengan kubu yang menginginkan pelonggaran kebijakan moneter. ​

Analis Global Kapital Investama, Alwi Assegaf saat ini di internal The Fed dalam kondisi sangatlah bimbang. Pendapatan pimpinan dalam tubuh Bank Sentral Negara Paman Sam kini terbagi menjadi dua kubu antara pihak yang pro dan kontra terhadap rencana kenaikan suku bunga acuan menjelang akhir 2022.

Satu pihak menilai inflasi belum cukup terkendali, sehingga menginginkan kenaikan suku bunga dan di pihak kontra menganggap inflasi sudah terkendali dengan baik. "Ketika ada sinyal the Fed mengurangi agresivitas suku bunga, nah ini menjadi ruang untuk penguatan emas," ujar Alwi dilansir Kontan (23/10).

Sebagai gambaran, di tengah perbedaan pendapat itu harga emas bergerak naik. Pada Jumat (21/10/2022), harga emas spot melejit 1,82% ke US$1.657,69 per ons troi dari posisi sebelumnya US$1.628,02 per ons troi. Harga emas spot menguat 0,8% dalam sepekan terakhir.

Hanya saja, Alwi menyampaikan kalau pergerakan harga emas masih berada dalam tekanan hingga akhir tahun ini. Sebab kemungkinan besar The Fed bakal menaikkan suku bunga acuan 125 basis poin (bps) sebelum tutup tahun 2022. "Aksi ini menjadi bayang-bayang bagi pasar emas," ujar Alwi.

Alwi memperkirakan pergerakan harga emas di akhir tahun ini cenderung bergerak flat. Harga emas diprediksi cenderung sideways di area US$1.600 per troi ons - US$1.725 per troi ons.

Menurut dia potensi rebound emas baru akan terjadi di awal tahun depan, di mana The Fed nampaknya tidak akan terlalu agresif. Bank Sentral AS menurutnya hanya akan menaikkan suku bunga 25 bps - 50 bps pada tahun depan, sehingga jadi pendorong bagi harga emas.

Alwi menuturkan kondisi rebound emas itu memberikan pula ruang bagi emas sebagai tradisional safe haven tahun depan. Perkiraan itu seiring proyeksi International Monetary Fund (IMF) yang memangkas pertumbuhan ekonomi negara-negara, krisis energi dampak perang, hingga kekhwatiran akan resesi.

Pada semester I 2023, harga emas diperkirakan akan menguat menuju area US$1.725 - US$ 1.800 per troi ons. Menurut dia, penguatan tersebut menjadi katalis positif untuk harga emas Antam yang sempat anjlok ke level terendah di bulan September 2022.

Alwi mencermati, harga emas Antam akan bergerak naik menuju Rp965.000 per gram di akhir tahun 2022. Sedangkan untuk harga buyback kemungkinan berada di kisaran Rp850.000 per gram.

Senada, Analis DCFX Futures mengatakan harga emas dalam negerimengacu pada harga emas internasional dan nilai tukar dolar AS terhadap rupiah. "Faktor utama yang mempengaruhi harga emas adalah nilai dolar AS, suku bunga, dan kinerja ekonomi global," ungkapnya.

Dia menjelaskan saat bank sentral tengah berlomba-lomba menaikkan suku bunga acuan dalam upaya memerangi inflasi, harga emas akan tertekan dan demikian juga sebaliknya. "Ekonomi dunia yang tumbuh kuat pun bisa membuat emas kurang diminati, karena investor cenderung melirik aset berisiko dan sebaliknya emas akan bersinar di saat ekonomi lesu," kata dia.

Lukman mengatakan di tengah ketidakpastian global saat ini, ekonomi resesi maupun krisis geopolitik biasanya akan mendukung harga emas. Kondisi tersebut akan mendorong investor cenderung defensif dan mencari aset safe haven seperti emas.

"Perkiraannya di 2023, sekitar pertengahan, ketika ekonomi sudah mencapai atau mendekati resesi dan bank sentral sudah akan berhenti menaikkan suku bunga, harga emas akan mulai naik," kata Lukman.

Lukman mengatakan investasi emas cocok jadi bagian dari diversifikasi dalam portofolio investor.

Investasi Emas di Bareksa Emas

Salah satu cara mudah investasi emas adalah dengan memanfaatkan fitur Bareksa Emas yang tersedia di Bareksa. Dengan demikian, kamu bisa melakukan investasi emas dari dan kapan saja karena transaksi dilakukan secara online.

Bareksa Emas menyambut mitra terbaru, yaitu Treasury sebagai alternatif pilihan investor untuk memiliki emas fisik yang bisa dibeli secara digital atau emas online. Emas Treasury menawarkan harga ya​ng kompetitif, mudah dan aman. 

Treasury telah berlisensi sebagai pedagang emas digital dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.

Smart Investor Bareksa bisa mulai berinvestasi emas digital Treasury mulai dari nominal Rp50.000. Harga emas Treasury lebih kompetitif, dengan update harga dua kali sehari. Selain itu, transaksi emas Treasury bisa mencapai hingga 10 kilogram per hari.

Agar Smart Investor makin semangat investasi emaslogam mulia, Bareksa dan Treasury juga mengadakan Promo 10.10 FundFest Bareksa Emas Treasury berhadiah menarik untuk investor baru maupun investor setia. 

Tersedia hadiah iPhone 11, Xiaomi TV 4 32 inch, dan 3 batang emas Treasury ukuran 0,5 gram untuk semua investor dan 100 voucher reksadana Rp50.000 untuk investor baru. Catat minimal pembelian dan kode promonya berikut ini :

Kode Promo BIGTREASURE

  • Minimal pembelian emas Treasury Rp500.000

  • Hadiah 1 iPhone 11, 1 Xiaomi TV 4 32 inch, dan 3 batang emas Treasury ukuran 0,5 gram 

  • Untuk investor setia dengan nominal pembelian terbesar

Kode Promo FIRTSTREASURE

  • Minimal pembelian emas Treasury Rp500.000

  • Hadiah voucher reksadana Rp50.000

  • Untuk 100 investor baru tercepat

 Simak juga syarat dan ketentuannya berikut ini :

Syarat dan Ketentuan Promo 10.10 Bareksa Emas Treasury All Investor

1. Periode promo  10 - 31 Oktober 2022
2. Berlaku KHUSUS untuk pembelian Bareksa Emas TREASURY dengan metode pembayaran apa saja dengan memasukan kode promo BIGTREASURE
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Investor dengan nominal pembelian terbesar berhak memenangkan hadiah
5. Satu investor hanya berhak memenangkan satu jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 23 November 2022 melalui sosial media Bareksa dan email
7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

 Syarat dan Ketentuan Promo 10.10 Bareksa Emas Treasury New Investor

1. Periode promo  10 - 31 Oktober 2022
2. Berlaku KHUSUS untuk TRANSAKSI PERTAMA Bareksa Emas TREASURY dengan metode pembayaran apa saja dengan memasukan kode promo FIRSTREASURE
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Investor dengan pembelian tercepat berhak memenangkan hadiah
5. Satu investor hanya berhak memenangkan satu jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 23 November 2022 melalui sosial media Bareksa dan email.
7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi.

Ayo segera beli emas digital di Bareksa yang antiribet dan dapat fasilitas penitipan. Raih juga hadiahnya yang bikin makin cuan. 

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook.GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.