Mau Jadi Investor Obligasi Ritel? Ini Keuntungan dan Risiko SBR

Bareksa • 31 Jul 2018

an image
Ilustrasi investor memegang kertas laporan keuangan kinerja return hasil keuntungan investasi saham reksadana obligasi surat utang

SBR yang termasuk jenis SUN merupakan salah satu alternatif investasi yang relatif bebas risiko gagal bayar

Bareksa.com – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan kembali menawarkan surat utang negara (SUN) atau obligasi berjenis savings bond ritel (SBR) Agustus tahun ini. Masyarakat bisa memanfaatkan SBR sebagai instrumen investasi karena memiliki sejumlah keunggulan.

SUN adalah surat berharga yang diterbitkan pemerintah. SBR yang termasuk jenis SUN merupakan salah satu alternatif investasi yang relatif bebas risiko gagal bayar. Instrumen surat utang tersebut biasanya dimanfaatkan investor untuk mendiversifikasi portofolionya agar risiko investasinya mengecil.

Pemerintah menggunakan SUN untuk membiayai kebutuhan anggaran, contohnya seperti untuk pembangunan infrastruktur atau menutup defisit anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Sementara dari sisi pembeli, masyarakat dapat memperoleh keuntungan dengan menjadi investor SUN jenis SBR. Berikut adalah daftar keuntungan dan risiko SUN bagi masyarakat investor.

1. Kupon dan Pokok dijamin oleh Undang-undang
2. Kupon dibayar setiap bulan
3. Kupon mengikuti perkembangan suku bunga BI, jaminan kupon minimal (floor) sampai dengan jatuh tempo dua tahun
4.Pencairan sebelum jatuh tempo (Early redemption) tanpa dikenakan biaya (redemption cost) oleh Pemerintah
5. Dapat dijaminkan kepada pihak lain

Risiko SBR

1. Risiko Likuiditas
SBR tidak likuid karena tidak diperdagangkan. Namun, terdapat fasilitas pencairan awal atau early redemption dengan minimal kepemilikan Rp2 juta dan maksimal 50 persen dari total kepemilikan

2. Tidak diperdagangkan di Pasar Sekunder

Instrumen ini tidak bisa diperjualbelikan di pasar sekunder sehingga tidak ada potensi keuntungan dari selisih harga (capital gain).

Secara umum, instrumen SBR termasuk dalam investasi yang bebas risiko gagal bayar karena pembayaran bunga atau kuponnya dijamin oleh undang-undang (UU) SUN. Karena diatur UU, pemerintah akan menganggarkan pembaryaran kupon maupun pokok SBR dalam APBN. Biasanya pemerintah juga  menjaminkan sejumlah asetnya sesuai dengan nilai SUN yang diterbitkan.

***
Dalam waktu dekat ini, pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan segera meluncurkan produk surat utang bagi investor ritel dengan seri SBR004 yang ditawarkan secara online.

Pembelian produk investasi yang dijamin pemerintah ini hanya bisa dilakukan pada periode penawaran tetapi pemerintah belum mengeluarkan jadwal penawaran SBR004. Namun, bila berminat untuk membeli SUN secara online, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu di homepage SUN ritel Bareksa mulai saat ini.

Jangan lupa untuk menyiapkan KTP dan NPWP untuk kebutuhan pendaftarannya. (Baca Juga : Beli SUN di Bareksa Bisa Untung dan Mudah, Begini Cara Daftarnya)

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Daftar jadi nasabah, klik tautan ini

(hm)