Mau Investasi Bebas Riba? Coba Reksa Dana Syariah di DOKU Saja!

Bareksa • 23 Jan 2018

an image
Ilustrasi investasi reksa dana syariah. (123RF Stock Photo)

Bahana Mes Syariah Fund, reksa dana ini telah membukukan pertumbuhan return hingga 13,16 persen dalam setahun

Bareksa.com – Bagi Anda seorang muslim yang ingin mulai berinvestasi namun tetap menjalankan berbagai hal sesuai aturan agama, maka investasi pada reksa dana syariah menjadi solusi yang tepat. Reksa dana syariah tidak jauh berbeda dengan reksa dana konvensional yang mengumpulkan dana dari masyarakat (pemodal) kemudian diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Pada reksa dana syariah, semua dana ini diawasi ketat oleh Dewan Pengawas Syariah MUI. Sehingga, kita tidak perlu khawatir, sebab dana yang dikumpulkan tidak akan disalurkan pada perusahaan yang berkaitan dengan riba, barang tidak halal, pornografi ataupun kegiatan lain yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Tidak perlu ragu tentang kehalalan produk ini, karena reksa dana syariah dikelola berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor 20/DSN-MUI/IV/2001 (dokumen lengkap klik tautan ini). MUI menegaskan pengelolaan reksa dana syariah itu sesuai dengan syariat Islam. (Baca juga Reksa Dana Syariah Halal Menurut Fatwa MUI, Ini Alasannya)

Investasi pada reksa dana syariah juga tidak membutuhkan dana yang besar. Ada yang menawarkan investasi mulai dari Rp100 ribu saja. Salah satunya pada aplikasi DOKU yang tersedia untuk ponsel berbasis Android.

Melalui menu Investasi di Aplikasi DOKU ini, Anda dapat mengoleksi reksa dana syariah dengan risiko investasi yang relatif rendah tetapi memiliki potensi return yang menggiurkan.

Saat ini terdapat dua reksa dana syariah di aplikasi DOKU, yakni reksa dana Bahana Mes Syariah Fund dan reksa dana Bahana Likuid Syariah. Reksa dana Bahana Mes Syariah Fund adalah jenis reksa dana pendapatan tetap dengan tingkat risiko moderat (sedang) yang dikelola oleh Bahana TCW Investment Management.

Sementara itu, reksa dana Bahana Likuid Syariah adalah jenis reksa dana pasar uang, di mana tingkat risiko jenis reksa dana ini paling kecil dibandingkan jenis reksa dana lainnya.

Adapun tingkat fluktuasi return kedua reksa dana juga berbeda, dikarenakan berlaku prinsip investasi “High Risk High Return, Low Risk Low Return”. Untuk Anda yang masih pemula, reksa dana pasar uang biasanya menjadi rekomendasi pilihan investasi dikarenakan fluktuasi pasar yang relatif rendah.

Reksa dana pasar uang di aplikasi DOKU, yakni Bahana Likuid Syariah telah membukukan pertumbuhan return hingga 5,79 persen dalam setahun. Untuk reksa dana Bahana Mes Syariah Fund, jenis reksa dana pendapatan tetap ini telah membukukan pertumbuhan return hingga 13,16 persen dalam setahun terakhir (per 22 Januari 2018).

Bahana Likuid Syariah
 
Sumber : Bareksa.com


Bahana Mes Syariah Fund
 
Sumber : Bareksa.com

Dengan kemudahan berinvestasi dan imbal hasil yang menarik, tidak ada alasan untuk kita menunda-nunda lagi. Kita bisa berinvestasi sesuai dengan prinsip syariah dan modal yang minim hanya dengan mengakses menu Investasi pada aplikasi DOKU. (hm)

***

Belum punya akun DOKU?

- Cara buka akun DOKU, klik tautan ini
- Daftar reksa dana Bareksa di DOKU, klik tautan ini
- Beli reksa dana di DOKU, klik tautan ini
- Belajar reksa dana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksa dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksa dana.