Masuk Radar UMA Bursa, Saham BULL Jatuh 7,6%

Bareksa • 28 Mar 2016

an image
Kapal kargo melintas menjelang matahari terbenam, di perairan Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat, Selasa (17/3). Badan Pusat Statistik Sumbar merilis ekspor hasil pertanian yang diangkut melalui Pelabuhan Teluk Bayur pada Februari 2015, meningkat sebesar 47,58 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Saham BULL mulai bergerak pada awal Maret 2016.

Bareksa.com - Otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) akhirnya mengendus adanya pergerakan harga yang tidak wajar pada saham PT Buana Listya Tama Tbk (BULL). Saham BULL dinilai otoritas bursa naik signifikan di luar kebiasaan.

Untuk itu bursa memasukkan saham BULL ke dalam radar Unusual Market Activity (UMA) pada 28 Maret 2016. Dalam surat bursa nomor Peng-UMA-0031/BEI.WAS/03-2016 disebutkan jika bursa sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham BULL.

Bursa meminta investor untuk memerhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa. Selain itu bursa juga meminta investor untuk mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasinya.

Investor juga diminta mengkaji kembali rencana corporate action perusahaan dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum mengambil keputusan investasi. Walaupun demikian pengumuman UMA ini tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.

Grafik : Pergerakan Saham BULL

Sumber: Bareksa.com

Pada perdagangan hari ini saham BULL harus turun hingga 7,6 persen sejak pembukaan. Saham perusahaan perkapalan ini hingga pukul 14.17 diperdagangkan di angka Rp121 per lembar sahamnya.

Daewoo Securities Indonesia (YP) menjadi pembeli sekaligus penjual terbanyak saham BULL. YM membeli saham BULL hingga 21 ribu lot dengan nilai Rp252 juta dengan rata-rata pembelian Rp118 per lembar sahamnya.

YP juga menjual 16 ribu lot saham BULL senilai Rp197 juta. Pembelian rata-rata YP di saham BULL adalah Rp119 per lembarnya.