Mulai Berkarir di BNI, Baiquni Kembali Sebagai Nakhoda Baru BNI

Bareksa • 17 Mar 2015

an image
Seorang nasabah melakukan transaksi ATM di kantor pusat BNI Jakarta, Selasa (29/4) - (Antarafoto/Prasetyo Utomo)

RUPS juga mengangkat mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli sebagai Komisaris Utama.

Bareksa.com - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) hari ini melakukan perombakan jajaran manajemen. Ahmad Baiquni, yang sebelumnya menjabat Direktur Keuangan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), ditunjuk menjadi Direktur Utama.

Berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) BNI hari ini, 17 Maret 2015, hanya satu anggota dari jajaran direksi lama yang tetap pada jabatannya yaitu Sutanto. 

Menduduki jabatan di BNI bukanlah hal baru bagi Ahmad Baiquni, karena lulusan dari Universitas Padjadjaran ini memulai karir perbankan di BNI sejak tahun 1984. Dia diangkat menjadi Direktur Keuangan BRI sejak Mei 2010. Baiquni menggantikan Gatot M Suwondo yang masa jabatannya sudah berakhir.

Di saat yang sama, RUPS BNI juga menunjuk Suprajarto menjadi Wakil Direktur Utama. Suprajanto sebelumnya menjabat sebagai Direktur Network and services di BRI sejak tahun 2007.

Anggota baru lainnya dalam jajaran manajemen BNI adalah Rico Budidarmo yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur di PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) dan Herry Sidharta yang sebelumnya menduduki posisisi Direktur di Jamkrindo. Sejumlah manajemen internal BNI yang diangkat menjadi direktur adalah Adi Sulistyowati, Bob Ananata, Anggoro Cahyo dan Imam Sarjito. 

Selain itu, perseroan juga mengangkat mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli sebagai Komisaris Utama. Mantan Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini ditunjuk menjadi Komisaris Independen BNI. 

RUPS juga memutuskan pembagian dividen sebesar Rp145 per saham atau total Rp2,6 triliun. Angka tersebut setara dengan 25 persen dari jumlah laba tahun 2014. 

Susunan manajemen baru BNI sebagai berikut. 

Dewan Komisaris:

Komisaris Utama: Rizal Ramli,
Wakil Komisaris Utama: Pradjoto,
Komisaris Independen: Anny Ratnawati,
Komisaris Independen: Jos Luhukay,
Komisaris Independen: Zulkifli Zaini,
Komisaris Independen: Daniel T Sparingga,
Komisaris Pataniari: Siahaan,
Komisaris Revrisond: Basywir,
Komisaris: Kiagus A. Badaruddin,

Dewan Direksi:

Direktur Utama: Achmad Baiquni,
Wakil Direktur Utama: Suprajarto,
Direktur: Rico Rizal Budidarmo,
Direktur: Herry Sidharta,
Direktur: Adi Sulistyowati,
Direktur: Bob Tyasika Ananta,
Direktur: Anggoro Eko Cahyo,
Direktur: Imam Budi Sarjito,
Direktur: Sutanto.

(al)