Proyek Tol Laut, Pelindo Cari Pendanaan Rp5 Triliun

Bareksa • 04 Dec 2014

an image
Kapal barang curang kering "Alpha Harmony" berbendera AS berbobot 100.000 DWT yang mengangkut kedelai dipandu tiga kapal tunda berlabuh untuk melakukan bongkar muat, di Pelabuhan PT Pelindo II Cabang Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Total kebutuhan dana untuk ekspansi Pelindo mencapai Rp7 triliun dalam tiga tahun ke depan.

Bareksa.com - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) menjajaki pendanaan baru senilai Rp5 triliun untuk mendukung program tol laut yang dicanangkan pemerintah. Total kebutuhan dana untuk ekspansi Pelindo mencapai Rp7 triliun dalam tiga tahun ke depan.

Kebutuhan ekspansi itu dibiayai dari kas internal senilai Rp2,1 triliun (30 persen), sedangkan sisanya sebesar Rp4,9 triliun (70 persen) diharapkan diperoleh dari dana eksternal.

Dana kas internal untuk tahun depan diperkirakan telah tersedia Rp1 triliun, ungkap Bambang Eka Cahyana, Direktur Utama Pelindo I. Selain itu, Pelindo I telah mendapatkan komitmen pinjaman dari dua bank PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Tahap awal, Pelindo akan menerbitkan obligasi senilai Rp300 miliar pada pertengahan tahun depan untuk menambah porsi ekuitas Pelindo bagi pengembangan Pelabuhan Belawan dan Kuala Tanjung yang diperkirakan membutuhkan dana Rp3 triliun. (np)

 

Bisnis Indonesia, hal 11.