Hari Ini Dirut Pertamina Yang Baru Diumumkan: Dwi, Handry Calon Kuat?

Bareksa • 28 Nov 2014

an image
Kapal Tanker Gamsunoro milik PT Pertamina meninggalkan Galangan Kapal Sumitomo Heavy Industries usai serah terima di Yokosuka, Jepang, Selasa (24/6) - (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Diperkirakan susunan direksi Pertamina akan diisi oleh orang dalam dan orang luar, dengan komposisi kurang lebih imbang.

Bareksa.com -  Hari ini Kementerian Badan Usaha Milik Negara akan mengumumkan pergantian jajaran direksi perusahaan minyak dan gas bumi milik negara PT Pertamina (Persero) pada jam 15.00 wib.

Diperkirakan susunan direksi Pertamina akan diisi oleh orang dalam dan orang luar, dengan komposisi kurang lebih imbang.

Sekarang ini Pertamina dipimpin oleh Plt Direktur Utama Muhammad Husein, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Hulu, setelah Karen Agustiawan mengundurkan diri, efektif 1 Oktober.

Inilah beberapa calon kuat yang mungkin mengisi posisi Direktur Utama Pertamina yang baru. Nama-nama ini belum terkonfirmasi, dan hanya merupakan nama-nama yang terdengar di komunitas sektor energi:

- Dwi Soetjipto (59) - Sekarang ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Semen Indonesia. Dibawah kepemimpinannya, Semen Indonesia berhasil membeli pabrik semen Thang Long di Hanoi. Dwi memiliki gelar S3 Ilmu Manajemen Strategik dari Universitas Indonesia, S2 Manajemen dari Universitas Andalas, S1 Insinyur Kimia dari Institut Teknologi Sepuluh November.

- Handry Satriago (45) - Sekarang ini menjabat CEO dari General Electric Indonesia. Telah bekerja di GE Indonesia lebih dari 15 tahun, dan menjabat CEO pertama berkebangsaan Indonesia di GE Indonesia sejak usia 41 tahun. Handry, yang memimpin dari kursi roda ini memiliki gelar S3 dari Universitas Indonesia, MBA dari Monash University, S1 dari IPB bidang Teknologi Industri Pertanian.

@s_a_wahyu