Menko Ekonomi: BBM Akan Naik, Tapi Pemerintah Belum Bisa Pastikan Kapan

Bareksa • 17 Nov 2014

an image
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil (kiri) bersama Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo (kanan) memimpin rapat koordinasi untuk membahas RAPBN serta program kerja lima tahun mendatang di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa 28 Oktober 2014

"Nanti pada waktunya akan kita umumkan," kata Menko Perekonomian, Sofjan Djalil.

Bareksa.com - Pemerintah belum bisa memberikan kepastian kapan harga BBM bersubsidi akan dinaikkan. Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofjan Djalil setelah rapat kabinet di kantor Presiden, Jakarta, Senin 17 november 2014.

"Nanti pada waktunya akan kita umumkan," katanya.

Sofjan melanjutkan, pemerintah melihat permasalahan subsidi di Indonesia sudah masuk ke tahap kronis. Untuk itulah pemerintah akan mengalihkan ke subsidi yang lebih produktif.

Ia melanjutkan, selama lima tahun dana yang dihabiskan untuk subsidi BBM mencapai Rp740 triliun. Padahal gara-gara kekurangan dana, sebanyak 52 persen irigasi di Indonesia rusak.

Dengan adanya dana subsidi, Pemerintah bisa membangun irigasi agar pertanian semakin maju dan cold storage agar nelayan bisa menyimpan lebih banyak ikan dan bekerja lebih efisien.

"Ini adalah investasi untuk masa depan," katanya. (np)